TOP 0 Nusantara

Pengadilan Negeri (PN) Kabanjahe, Karo, Sumut

JPNews -Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kabanjahe, Karo, Sumut, menjatuhkan vonis kepada terdakwa narkoba selama 1 tahun dan 4 bulan penjara. Putusan itu, lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut terdakwa dengan hukuman 12 tahun penjara.

Dalam persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Sanjaya Sembiring, Senin (18/11), terdakwa Rizal Perangin-angin, dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana narkotika sebagaimana diatur dalam Pasal 112 dan 111 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 3,12 gram dan narkoba jenis ganja seberat 36,24 gram. 

"Atas perbuatannya, terdakwa dijatuhi hukuman penjara 1 tahun 4  ulan," kata majelis hakim, dalam amar putusannya.

Atas putusan tersebut, JPU dari  Kejari Karo, Aguinaldo menyatakan kekecewaannya dan menuding pengadilan  tidak sejalan dengan pemerintah dalam memberantas peredaran narkotika di Tanah Karo. 

"Dakwaan kita susun secara komulatif,  ada 3 pasal yang dikomulatifkan, karena terbukti ada dua jenis narkobanya yakni ganja dan sabu. Kalau pasal 114 itu ancamannya minimal 5 tahun, pasal 112 itu ancamannya minimal 4 tahun, dan pasal 111 itu acamannya minimal 4 tahun, Tapi kenapa putusannya jauh dari tuntutan JPU," ujar dia.

Atas putusan itu, Aguinaldo menyatakan, akan mengambil upaya banding ke Pengadilan Tinggi Medan. "Kami akan melakukan upaya banding ke PT Medan," tegas dia.

Diketahui, terdakwa Rizal Perangin-angin ditangkap oleh Satres Narkoba Polres Tanah Karo, bersama dengan dua temannya, di Kecamatan Tiga Binanga, pada bulan April 2019, dengan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 3,12 gram dan narkoba jenis ganja seberat 36,24 gram. (rek/JPN)

Komentar

Nusantara Lainnya