Asap Pekat Memerihkan Mata Selimuti Simpang Pematang, Jumat (8/11) sore. Foto: JPNews / Alfan Mesuji

JPNews - Kabut asap tebal mengelilingi Kecamatan Simpang Pematang, Mesuji, Lampung, terjadi sejak pukul 15.30 WIB sampai membuat mata perih masyarakat.

Pantauan JPNews, Asap tersebut makin tebal hingga saat ini, terlihat pukul 16.57 WIB menyelimuti Kecamatan Simpang Pematang dan sangat jelas terlihat di Desa Simpang Mesuji dan Desa Simpang Pematang.

Anton Pardede warga Simpang Mesuji mengatakan kabut asap ini sangat mengganggu penglihatan dan membuat mata perih.

"Di desa saya selama kabut asap baru kali ini sangat tebal, hal ini harus di tindak lanjuti oleh Pemerintah melalui BMKG untuk mengetahui titik api dari mana," ungkapnya, Jumat (8/11).

Kemudian, warga Simpang Pematang L Sihombing menuturkan sangat terganggu dengan adanya asap ini.

"Saya setiap hari melalui jalur Jalintim Sumatera, rumah saya di Desa Jaya Sakti Kecamatan Simpang Pematang, baru kali ini asap sangat tebal, membuat mata saya perih dan pandangan sangat terganggu," tuturnya.

Terpisah, Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo menjelaskan termonitor saat ini titik api di Mesuji tidak ada. "Sehingga kemungkinan asap dari daerah lain," ujarnya.

Sementara itu kepala BPBD Mesuji Sahril mengatakan kabut asap tebal yang menyelimuti Kabupaten Mesuji bisa dikatakan kabut asap kiriman dari daerah tetangga seperti Waykanan .

"Dan saya menghibau kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker pada saat keluar rumah untuk menjaga kesehatan," tutupnya.

(fan/JPN).

Komentar

Lampung Lainnya