JPNews - Program Pemerintah Pusat yang di anggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dalam program Dana Desa (DD) yang  bertujuan mengentaskan kesenjangan pembangunan antar desa, dan memperkuat masyarakat desa  di setiap Kabupaten/Kota tahun 2019 telah dilakukan oleh kepala desa Cempaka Nuban kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Kamis (7/11).

Diawali melalui proses di tingkat desa dalam musyawarah desa sehingga di simpulkan kesepakatan untuk di tuangkan dalam  APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) baik pembangunan fisik atau nonfisik dan dasar pokok pada  pemberdayaan untuk masyarakat.

Dalam pembangunan teraebut terdapat kerusakan pada gorong- gorong yang dibangun menggunakan  Dana Desa (DD) di Dusun III Desa Cempaka Nuban.

Suyanto Tim Pengelola Kegiatan (TPK)  Desa  Cempaka Nuban  Kecamatan  Batanghari Nuban menjelaskan , terdapat  gorong-gorong yang mengalami keretakan akibat di lewati oleh kendaraan bermuatan 25 ton, dan saat ini telah dibongkar serta dibangun gorong-gorong yang baru.

"Gorong-gorongnya rusak disebabkan kendaran bermuatan  yang berlebihan jadi ambrol, alhamdulillah sudah diperbaiki bahkan ditambah ketebalan gorong-gorongnya, terlebih masih dalam masa perawatan. Saya selaku TPK  langsung berkoordinasi dengan Kepala Desa, Pendamping Lokal Desa terkait retaknya Gorong-gorong tersebut," jelas Suyanto.

Lanjut yanto sapaan akrabnya,  gorong-gorong yang retak tersebut dalam perbaikannya disaksikan oleh masyarakat serta dihadiri oleh pendamping lokal Desa Cempaka Nuban. 

"Kami langsung bongkar total dan dibangun kembali dihadiri Pendamping Lokal Desa Pak  Sutris,  silahkan cek kelokasi. Jadi saya bingung apabila ada yang mau mempermasalahkan gorong-gorong itu," paparnya.

Kades Cempaka Nuban Anto Budianto, menuturkan bahwa semua unsur di desa cempaka nuban dilibatkan dalam pembangunan di desanya, dirinya berharap semua masyarakat desa cempaka nuban bergotong royong dalam membangun desa. 

"Kemarin Begitu saya mendapat laporan TPK tidak menunggu waktu lama  gorong-gorong langsung di bongkar total dan sudah di bangun kembali, jadi kami berharap kepada masyarakat Desa Cempaka Nuban untuk tidak melintasi terlebih dahulu bangunan itu baik drainase atau gorong-gorong tersebut agar benar-benar mengering semennya," tutur Anto.

Hal yang sama di sampaikan  Ruliya Pendamping Desa Infrastruktur, saat di hubungi melalui via seluler  membenarkan ada pembongkaran dan pembangunan  kembali gorong-gorong tersebut. "Inikan masih dalam perawatan memang tidak boleh di lewati dulu apalagi kapasitas kendaraan yang berlebihan pak," ungkap Ruliya.

(ril/JPN)

Komentar

Desa Lainnya