TOP 0 Daerah

Ketua TP PKK Pesawaran, Nanda Indira Dendi

JPNews - TP PKK Kabupaten Pesawaran, Lampung, memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia yang digelar di di SMPN 26 Pesawaran, dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Pesawaran, Nanda Indira Dendi mengatakan peringatan tersebut untuk meminimalisir terjangkitnya penyakit menular di antara anak-anak. 

“Tujuan dari kampanye ini adalah penurunan angka kematian anak-anak akibat penyakit diare yang timbul karena kurangnya akses pada air bersih, sarana sanitasi dan sarana cuci tangan," ujarnya, Selasa (5/11).

"Penderitaan karena sakit diare dapat dikurangi dengan melakukan cuci tangan pakai sabun, dimana menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen,” tambah Istri orang nomor satu di Kabupaten Pesawaran.

Dia juga mengatakan, cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan langkah kecil untuk memulai hidup sehat. Perilaku sederhana ini bisa melindungi peserta didik dari penyakit seperti diare dan saluran pernapasan.

Untuk itu Kemendikbud khusus Direktorat PSD menghimbau sekolah dasar agar melakukan kegiatan bersama cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir setelah melakukan beberapa kegiatan di sekolah. 

“Selain itu, perilaku hidup sehat yang sederhana ini, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pemeliharaan kesehatan pribadi. Untuk itu, mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk memasyarakatkan perilaku hidup sehat yang diawali dengan mencuci tangan dengan benar,” tutupnya. (ran/ram)

Komentar

Daerah Lainnya