JPNews -Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, menyerahkan secara simbolis KTP-Elektronik kepada siswa dan siswi SMAN 1 Pesisir Tengah, di Aula SMAN 1 Pesisir Tengah, Selasa (5/11).

Dalam sambutannya Bupati, Agus Istiqlal, menyampaikan bahwa penyerahan KTP-Elektronik tersebut sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah kepada masyarakat yang telah memasuki usia 17 tahun sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 8 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Permendagri Nomor 9 Tahun 2011 tentang pedoman penerbitan kartu tanda penduduk berbasis nomor induk kependudukan secara nasional. 

"Untuk itu, kepada seluruh siswa-siswi yang akan mendapatkan KTP-Elektronik pada hari ini, diharapakan dapat menjaga dengan baik dokumen negara tersebut dan mempergunakannya sesuai kebutuhan," jelasnya.

Selanjutnya, KTP-Elektronik merupakan dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan atau pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.

penduduk hanya diperbolehkan memiliki satu kartu tanda penduduk, yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). "NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan dapat berlaku seumur hidup. KTP-Elektronik merupakan dasar dalam penerbitan paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), polis asuransi, sertifikat atas hak tanah, kepentingan Pemilihan Umum (Pemilu) dan penerbitan dokumen identitas lainnya," pungkasnya.

Turut hadir, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), staf ahli Bupati, kepala DPMTSP, Inspektur, Kepala Bappeda, Plt. Kasat Pol-PP dan Damkar, Kaban Kesbangpol, Kabag. Protokol dan Kabag. Humas. (ers)

Komentar

Edukasi Lainnya