JPNews - Warga yang tergabung dalam FPKC (Forum Peduli Kali Cibeet) geram dengan ulah perusahaan kertas, Pindodeli 3.

Dalam forum tersebut terdapat beberapa elemen masyarakat dan lembaga diantaranya, Sekoci Karawang, Pepeling Karawang, Warga Pasiranji, Warga Sukabungah, Warga Wanajaya, dan Warga Wanakerta.

"Atas dukungan kepala Desa Wanajaya dan Wanakerta hari ini masa dengan spontan mengerudug perusahaan kertas tersebut," ungkap Ketua Sekoci Karawang Asep Saefulah kepada JPNews, Sabtu (2/11).

Lanjut Pria yang akrab disapa Aef ini, menyebut, seluruh masyarakat yang tergabung dalam forum tersebut melihat pengolahan limbah cair perusahaan.

Ternyata benar saja, ada aliran limbah cair perusahaan yang masuk ke saluran pembuangan yang mengalir ke Cikereteg, yang memang terkesan dibiarkan.

Masyarakat pun mengambil inisiatif membendung aliran Cikereteg agar aliran air yang sudah terkontaminasi limbah cair tidak mengalir sampai Cibeet.

Selain itu warga pun membuka pintu air Bendungan Cibeet, agar endapan limbah dapat terbawa arus sehingga air dapat dipakai kembali oleh masyarakat.

"Hari ini akan dicatat oleh sejarah sebagai bentuk panggilan jiwa. Dan berbahagialah kita menjadi bagian dari sejarah ini," tegasnya. (Fan)

Komentar

Jabar Lainnya