TOP 0 News Indepth

JPNews - Kamis 24 Oktober 2019, bertempat di Shanghai, China Federasi Sepak Bola dunia (FIFA) melalui sang Presiden, Gianni Infantino, resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Dalam proses pencalonan sebagai tuan rumah, Indonesia berhasil menyingkirkan Brasil dan Peru yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah di ajang bergengsi dunia itu.    

Seperti angin segar di tengah menurunnya kondisi persepakbolaan Indonesia, seperti kegagalan Timnas Indonesia senior di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, carut marutnya kompetisi Liga Indonesia, hingga kosongnya pimpinan ditubuh induk organisasi PSSI.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tersebut, bukan hanya aspek sepak bola, tetapi juga aspek-aspek lain seperti catatan prestasi, termasuk aspek ekonomi, selain yang berkaitan langsung maupun tidak dengan sepak bola. Faktor ekonomi yang memang tak mungkin dikesampingkan karena event Piala Dunia bakal menarik perhatian miliaran pasang mata penduduk dunia menjadi kesempatan besar dalam mendapatkan kesuksesan ekonomi jangka pendek dari event Piala Dunia U-20 2021.

Indonesia mencatat sejarah mendapat kepercayaan menggelar ajang kelas dunia. Ini adalah kali pertama Indonesia menggelar turnamen berkelas FIFA. 

Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah ajang bergengsi seperti, Piala Asia pada 2007, itu pun bersama tiga negara Asia Tenggara lain yakni Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Serta tuan rumah Asian Games pada 1962 dan 2018.

Diharapkan Timnas Indonesia U-20 dapat memberikan yang terbaik di ajang Piala Dunia U-20 2021. Tidak hanya bermodalkan sebagai tuan rumah, namun Indonesia diharapkan dapat juga bersaing dengan negara-negara top dunia lainnya.

Walaupun mungkin sulit bagi Timnas Indonesia U-20 meraih gelar juara pada ajang tersebut, paling tidak pada momen itu, bagaimana sepak bola tanah air  ditata untuk berkembang guna mencapai level lebih tinggi.

Bukan tanpa alasan jika Timnas Indonesia U-20 berani bermimpi menjadi juara di turnamen olah raga paling menyedot perhatian manusia sejagat itu. Bukan pula spekulasi jika akhirnya mimpi menjadi juara itu terwujud.

Kesempatan itu pasti ada, bagaimana pasukan Garuda Muda Indonesia menunjukan permainan terbaiknya, ini momen baik untuk meraih mimpi itu, mari kita sebagai pencinta sepak bola tanah air bersatu mendukung dengan santun dan sportif, mari kita tunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang aman dan nyaman bagi siapapun tamu yang berkunjung.

Turnamen iyang akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021 ini, melibatkan 20 negara peserta dan akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021.

Sebanyak sepuluh stadion sudah disiapkan.

Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta)

Stadion Pakansari (Bogor)

Stadion Manahan (Solo)

Stadion I Wayan Dipta (Bali)

Stadion Mandala Krida (Yogyakarta)

Stadion Jakabaring (Palembang)

Stadion Wibawa Mukti (Cikarang)

Stadion Patriot (Bekasi)

Stadion Jalak Harupat (Bandung)

Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)

Garuda di Dadaku, Ayo Indonesia!!!

“Selamat bagi Indonesia, Piala Dunia U-20 2021 akan dimainkan di Indonesia," ujar Presiden FIFA Gianni Infantino.  (drw)

Komentar

News Indepth Lainnya