TOP 0 Daerah

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, meresmikan pengoperasian Kapal Pelra Bawana Nusantara 113. Foto: Ramadiansyah/ JPNews

JPNews - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, meresmikan pengoperasian Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) Bawana Nusantara (BN) 113 hasil bantuan dari Pemerintah Pusat, nantinya kapal Pelra akan melakukan penyebrangan dengan trayek di wilayah Kepulauan Kabupaten Pesawaran, Kamis (17/10).

Dalam sambutannya, Dendi mengatakan kedatangan kapal Pelra merupakan suatu jawaban atas isu yang beredar di tengah masyarakat terkait tranportasi laut yang tidak memenuhi standar keamanan. 

"Selama ini, banyak isu yang berkembang bahwa transportasi laut yang tidak memiliki standar keselamatan, mendengar hal tersebut pemerintah pusat kemudian langsung mengeluarkan kapal Pelra ini yang seluruh aspek tentang keselamatannya sudah tersedia," jelas Dendi saat acara peresmian pengoperasian kapal BN, di dermaga 4 Ketapang, Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. 

Dirinya juga mengatakan, adanya kapal Pelra ini tidak akan menutup rezeki masyarakat yang sebelumnya sudah ada usaha penyewaan kapal. 

"Maka dari itu saya meminta kepada kepala dinas perhubungan agar membicarakan terlebih dahulu dengan masyarakat agar tidak ada gesekan dengan masyarakat," paparnya.

"Saya juga yakin meskipun masyarakat memiliki usaha kapal, tapi tidak akan bisa memenuhi kebutuhan wisatawan yang hadir untuk menyewa kapal, maka dari itu harapan saya adanya kapal ini dapat memenuhi keinginan wisatawan yang hadir berkunjung," tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang dalam hal ini diwakili Asisten 1 pemerintah dan kesrak Provinsi Lampung Irwan S Marpaung, mengatakan, acara yang digelar pada hari ini bukan hanya seremoni saja, melainkan awal dari keseriusan pemerintah daerah dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat yang berada di pulau.

"Saya harap dengan adanya bantuan kapal ini, dapat membantu transportasi masyarakat yang berada di pulau untuk menuju daratan," ungkapnya. 

Pelra BN 113 sendiri merupakan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Menteri Perhubungan kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang kemudian diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Pesawaran. 

Nantinya Kapal Pelra BN 113 akan beroperasi dengan trayek di wilayah-wilayah kepulauan Kabupaten Pesawaran, diantaranya Pulau Pahawang, Legundi dan juga Pulau Tegal. 
(snd/ram)

Komentar

Daerah Lainnya