JPNews - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), hanya membuka penjaringan untuk bakal calon wakil bupati Pesbar
pada Pilkada 2020. Pembukaan penjaringan di mulai sejak Senin (23/9) lalu hingga Rabu (23/10) mendatang dipusatkan di kantor DPD NasDem Pesibar.

Disampaikan Sekjen DPD Partai Nasdem Pesibar, Abdullah Hasim, Selasa (1/10), mengatakan dalam penjaringan bakal calon dari delapan kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pemilukada serentak Tahun 2020 mendatang, khusus di DPD NasDem Pesibar hanya membuka penjaringan untuk bakal calon wakil bupati.

"DPD NasDem Pesibar bisa mengusung sendiri calon bupati dan akan tetap mengusung ketua DPD NasDem Pesibar yakni Agus Istiqlal, yang merupakan bupati Pesibar petahana saat ini," kata sosok yang beken disapa Udo Loh itu, Selasa (1/10).

Dijelaskan, hal itu juga sesuai dengan Peratutan Organisasi (PO) Partai NasDem Nomor :006-PO/DPP-NasDem/IX/2019, tentang tata cara penjaringan, verifikasi dan penetapan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah
Tahun 2020. Karena itu, dari DPD NasDem hanya membuka penjaringan bakal
calon wakil bupati.

Dalam penjaringan juga tentunya ada persyaratan khusus antara lain berpotensi untuk menang (popularitas, kedisukaan, akseptabilitas, elektabilitas
dan memiliki kemampuan melakukan mobilisasi dukungan logistik). Selain itu, Memiliki kompetensi dan komitmen kepada rakyat dan Partai NasDem dan persyaratan khusus lainnya.

"Yang jelas dalam penjaringan bakal calon wakil bupati di NasDem Pesibar ini tanpa mahar," jelasnya.

Sementara terkait NasDem Pesibar akan berkoalisi atau peluang untuk berkoalisi, pihaknya menyampaikan memang sudah ada perintah atau keharusan dari DPW dan DPP agar DPD Nasdem berkoalisi meskipun Nasdem Pesibar bisa untuk mengusung calonnya sendiri.

"Hingga saat ini baru PAN yang sudah berkomunikasi untuk siap bergabung. Terkait tim pemenangan itu akan kita bentuk setelah ada rekomendasi dari DPP terkait pasangan calon tetap yang akan diusung, baru nanti akan dibentuk tim pemenangan," pungkasnya. (ers)

Komentar

Politik Lainnya