TOP 0 Daerah



JPNews - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) bersama Pesisir Barat Surfing Asosiasi (PBSA) setempat, memproyeksikan untuk membangun kampung Inggris yang dijadwalkan akan ditetapkan pada Pekon Kampungjawa Kecamatan Pesisir Tengah.

Kepala Dispar setempar, Gunawan, saat dikonfirmasi, Senin (23/9) mengatakan bahwa, rencana membangun kampung Inggris yang dimaksud adalah sebuah tempat belajar berbahasa Inggris. "Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, hingga siapa saja masyarakat yang tertarik untuk belajar berbahasa Inggris. Itu terbuka untuk semua kalangan," tutur Gunawan.

Aktivitas belajar berbahasa Inggris tersebut, menurut dia, sudah mulai berlangsung belum lama ini. Dimana dalam prakteknya yang saat ini umumnya diikuti oleh para pelajar, peserta belajar dengan berkomunikasi secara langsung dengan para wisatawan asing yang sudah digaet oleh PBSA. "Karena masih banyak keterbatasannya, lokasi belajarnya untuk saat ini masih ditempat terbuka. Persisnya berada di Pantai Labuhanjukung Pekon Kampungjawa," lanjutnya.

"Kampungjawa merupakan pekon yang berada di wilayah wisata yang juga banyak dikunjungi para turis, hal itu menjadi alasan kami berencana menempatkan kampung Inggris berada di Pekon Kampungjawa," jelas Gunawan.

Pihaknya berkomitmen untuk mulai memaksimalkan upaya tersebut pada 2020 mendatang. "Mulai dari menyediakan lokasi belajar, sarana dan prasarana yang dibutuhkan," pungkasnya.

Masih kata dia, membangun kampung Inggris tersebut merupakan upaya pemkab setempat dalam terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), utamanya dalam hal berkomunikasi bahasa asing. "Dengan generasi muda kita bisa lancar berbahasa Inggris diharapkan bisa berimbas pada peningkatan taraf perekonomian. Seperti halnya jika masyarakat kita lancar berkomunikasi dengan wisatawan asing bukan tidak mungkin bisa membuka peluang lapangan pekerjaan," tandasnya.

"Tujuan lainnya adalah dengan adanya kampung Inggris dan tempat belajar bahasa Inggris, bisa menjadi sarana publik bagi masyrakat yang berminat untuk bisa menimba ilmu secara terbuka," tukas Gunawan. (ers)

Komentar

Daerah Lainnya