JPNews - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), menghelat lomba Tari Kreasi Lampung tingkat SD dan SMP sederajat, di GSG Selalaw pantai Labuhanjukung, Rabu (18/9).

Lomba yang dibuka langsung oleh Kabid. Dikdas, Paud dan PNFI, Rukzawarni itu, juga dihadiri, Kabid. Kebudayaan, Nora Elisa, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, Sofyan, para kepala sekolah, guru, dan pelajar peserta lomba.

Rukzawarni mendampingi Kepala Disdikbud, Hapzi NS, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan agar siswa sekolah dapat meningkatkan keterampilan seni tari, khususnya khas Lampung. "Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan seni tari," kata dia.

Dijelaskannya, salah satu misi Disdikbud Pesibar adalah mewujudkan pelestarian nilai-nilai seni dan budaya di Pesibar.
“Melalui kegiatan ini diharapkan upaya dalam menanamkan nilai-nilai seni dan budaya agar melekat pada diri anak-anak generasi penerus bangsa bisa tercapai," harap dia.

"Seni tari di Pesibar juga diharapkan terus berkembang, dan setiap tahunnya ada perkembangan seni tari dengan tidak meninggalkan estetika dari seni tari khas Lampung," pungkasnya.

Sekedar diketahui peserta lomba tersebut mencapai 42 sekolah, yang terdiri dari 21 SMP dan 21 SD, dengan masing-masing sekolah mengirimkan 5-7 orang penari.

Hasilnya untuk tingkat SD 

-Juara I: SDN 30 Krui
-Juara II: SDN 66 Krui
-Juara III: SDN 01 Krui, 

-Harapan I: SDN 49 Krui
-Harapan II: SDN 10 Krui 
-Harapan III: SD IT Almahdhuri

Tingkat SMP:
-Juara I: SMPN 2 Krui
-Juara II: SMPN 1 Krui
-Juara III: SMPN 13 Krui

-Harapan I: SMPN 12 Krui
-Harapan II: SMPN 14 Krui
-Harapan III: SMPN 9 Krui


(ers/JPN)

Komentar

Edukasi Lainnya