JPNews - Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) merupakan mitra kerja pemerintah dari orang ke masyarakat lainnya yang berfungsi sebagai fasilitator perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program-program PKK.

Demikian disampaikan Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Septi Istiqlal, dalam sosialisasi peran PKK dalam pencegahan penyakit TB, NA, CA Payudara, di Gedung Sekretariat TP-PKK Pesibar, Senin (16/9).

Menurut Septi, permasalahan kesehatan saat ini semakin berat yang disebabkan pola hidup yang kurang sehat. "Maka dari itu dibutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari ibu-ibu khususnya pengurus TP-PKK, baik pengurus kabupaten, kecamatan, dan pekon dalam menghadapi dan mengatasi permasalahan tersebut," tegas Septi.

Dia menjelaskan peran PKK dalam pencegahan penyakit TB paru, HIV Aids, CA Payudara, CA Cervik dengan metode pemeriksaan IVA, serta kehamilan dengan hiperteroid bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang luas kepada TP-PKK se-Pesibar dalam meningkatkan derajat kesehatan keluarga dan masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan Farida Meladia Lingga, narasumber, Adiduarsa, pengurus TP-PKK kabupaten, kecamatan se-Pesibar, dan ketua Pokja IV pekon se-Pesibar. (ers)

Komentar

Lampung Lainnya