JPNews - Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukabumi melibatkan Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten Sukabumi dalam kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Kerjasama ini untuk mengedukasi tentang bahaya narkoba serta mewujudkan Sekolah Bersih Narkoba (Bersinar) yang digelar di Hotel Pangrango, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (3/9).

Kepala BNNK Sukabumi AKBP Deni Yus Danial menuturkan, kegiatan ini merupakan implementasi Perpres No.6 tahun 2018 tentang penguatan P4GN, dimana penguatan P4GN di antaranya harus diperkuat lingkup pendidikan, mulai dari guru tingkat SMP sampai perguruan tinggi termasuk juga Dinas Pendidikan Dinas Cabang Pendidikan Jawa Barat untuk tingkat SMA dan kita membentuk penggiat anti narkoba di lingkungan pendidikan.

Baca juga: BNNK Sukabumi Gelar Bimbingan KIE dan P4GN di Lingkungan Pendidikan

"Ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat bagian dari strategi dalam program P4GN, tidak akan bisa berhasil dalam upaya menanggulangi bahaya narkoba di Sukabumi tanpa partisipasi aktif dari lingkungan pendidikan, misalnya, Kepala Sekolah, Guru termasuk juga siswanya," tuturnya kepada JPNews, Selasa (3/9).

Lanjutnya, bersama Dinas Pendidikan yang ada baik Kota dan Kabupaten Sukabumi telah membentuk Satgas PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dan relawan dalam rangka upaya P4GN di lingkungan pendidikan dari bahaya narkoba. Tidak lanjut dari kegiatan penggiat ini adalah bagaimana nanti menggerakkan di sekolahnya program sekolah bersinar.

"Satgas PPK merangkap Satgas bersih narkoba sekaligus juga memantau setiap kejadian maraknya tawuran, dan kegiatan-kegiatan kenakalan remaja di setiap pelajar termasuk juga penyalahgunaan narkoba," ungkapnya.

Menurutnya, di Sukabumi juga sedang digiatkan mulai dari memperkuat regulasi, mulai regulasi dari bupati dan wali kota. Sudah ada keluar regulasi tentang surat edaran tentang penguatan P4GN, kemudian regulasi dari Dinas Cabang Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

"Juga ada pula regulasi sampai ke tingkat kepala sekolah. Mengenai regulasi komponen pembentuk relawan dan penggiat di dalamnya ada kegiatan P4GN di dalam lingkungan sekolah. Sementara BNNK Sukabumi, setiap Senin wajib ke sekolah untuk melaksanakan kegiatan P4GN, dan guru-guru juga demikian menjaga mewujudkan lingkungan bersih narkoba di lingkungan sekolah.

Ia menambahkan, salah satu P4GN yang sudah berjalan di lingkungan pendidikan tinggi dengan terbentuknya unit kegitan mahasiswa yang ada disetiap kampus di wilayah Sukabumi.

"Saat ini P4GN yang sudah berjalan di perguruan tinggi itu dibentuk UKM anti narkoba yang dimana kegiatan anti Narkoba dan besok kita juga membentuk Saka anti Narkoba dengan Pramuka di Sukabumi," pungkasnya. (drw)

Komentar

Jabar Lainnya