JPNews - Sebuah gudang produksi sapu injuk di Kampung Cikawung RT. 01/04, Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, nyaris hangus dilalap si jago merah, Selasa (20/8).

Berdasarkan pantauan JPNews, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 13.00 WIB di bagian belakang gudang produksi sapu milik H Eman tersebut. Beruntung, sebelum api semakin membesar, warga secara berbondong-bondong membantu memadamkan api yang mulai membesar itu dengan menggunkan air dari kolam yang tak jauh dari lokasi.

Termasuk, dua kendaraan Mobil Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sukabumi, Cabang Cicurug dan Cibadak dikerahkan, sehingga selang satu jam dari kejadian, api pun mampu dipadamkan.

Kendati, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut akan tetapi tak sedikit warga kekhwatir kebakaran kian meluas. Bahkan, akibat pasti kejadian tersebut pun belum dietahui pasti. Dan dalam penanganan pihak kepolisian Parakansalak. 

"Kejadian di belakang gudang. Untungnya, api mampu dipadamkan sebelum menjalar lebih luas," ujar PJS Kepala Desa Sukatani, Suryadi, kepada JPNews, Selasa (20/8).

Lanjut dia, api mulai dipadamkan dengan cara mengangkut air secara estapet dari kolam terdekat dengan menggunakan ember  seadanya oleh warga. Dan api dipastikan padam, setelah tim Damkar mengevakuasi tempat kejadian. 

"Api benar-benar padam setelah dua kendaraan Damkar dikerahkan. Ya, semoga tidak terjadi peristiwa serupa lagi," jelasnya. 

Danramil 2206 Parakansalak, Kapten. Inf. Agus rahman menambahkan, adapun penyebab kebakaran yang terjadi masih dalam pendalaman. Pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi kebakaran karena musim kemarau yang cukup panjang. 

"Intinya tetap waspada. Terutama aktifitas yang menggunakan api, gas dan listrik di lingkungan masing-masing. Serta, menjauhkan benda benda yang mudah terbakar dari lingkungan pemukiman," pungkasnya. (Lan)

Komentar

Jabar Lainnya