TOP 0 Nusantara



JPNews - Destana Tsunami yang dicanangkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai penguatan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana tsunami di sepanjang pesisir selatan Pulau Jawa.

Kepala BNPB Doni Monardo
mengagas, membangun monumen tentang peristiwa bencana alam yang sudah terjadi. Sehingga memudahkan kita mengingat peristiwa bencana alam, karena alam yang sudah terbentuk dalam miliaran tahun. 

"Gempa dan tsunami adalah peristiwa alam yang berulang, dan kita punya dokumentasinya. Namun dokumentasi lebih lengkap ada di Belanda" ucapnya di Serang pada Selasa (13/8).

Menurut dia, bencana tidak dapat dihindari, namun dapat dikurangi risikonya. Konsep pentahelix merupakan sosialisai yang terbaik. perangkat desa ini diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan sosialisasi kepada RW/RT dan keluarga, namun tetap memperhatikan kearifan lokal.

"Poinnya masyarakat harus sadar potensi bencana yang ada, memahami dan mampu melakukan upaya pencegahan, dan masyarakat menjadi tangguh serta mampu dalam menyelamatkan diri dari bencana" ujar Doni. 

Akhirnya, Kegiatan ini akan dilanjutkan menjadi KKN tematik Destana bekerjasama dengan perguruan tinggi. Serta ada dua buku mengenai tulisan ekspedisi, dan foto perjalanan ekspedisi untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat lain. 

(mam/JPN)

Komentar

Nusantara Lainnya