TOP 0 JP-Torial

Kemenhub mengalokasikan kuota sebesar 18.000 sepeda motor yang diangkut gratis oleh kereta api ke jurusan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Foto: dok PT KA

JPNews - Kementerian Perhubungan tambah 5.000 sepeda motor untuk diangkut gratis menggunakan kereta api saat arus mudik dalam upaya menjawab atusias masyarakat yang menggunakan penawaran itu.

"Minat masyarakat ternyata sangat tinggi yang ingin mengirim sepeda motor dengan kereta api, jadi akan kita tambah kuotanya," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada pers saat meninjau pendaftaran angkutan sepeda motor gratis untuk lebaran di Stasiun Bekasi, Minggu (18/3).

Dikatakan menhub, program pemerintah yang sudah beberapa tahun dilakukan tersebut, setiap tahun memang selalu diminati masyarakat.

Tahun ini, kata menhub, pihaknya sudah mengalokasikan kuota sebesar 18.000 sepeda motor yang diangkut gratis oleh kereta api ke jurusan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Hingga saat ini dari 18.000 kuota yang tersedia sudah 85,9 persen yang terisi dengan tujuan terbesar jalur selatan seperti ke Yogyakarta dan Solo.

"Kalau jalur utara seperti Semarang tingkat keterisian masih 61 persen, sedangkan jalur selatan sudah 95 persen," katanya.

Penawaran angkutan gratis tersebut, tambah menhub, bukan saja untuk keberangkatan ke Jawa tapi juga untuk kepulangan ke Jakarta.

"Musti dipahami yang gratis adalah untuk sepeda motor, sementara untuk penumpang tetap bayar," ujarnya.

Pendaftaran dimulai secara daring (online) melalui mudikgratis.dephub.go.id mulai 9 Februari hingga 24 Juni 2018.

Kemudian pendaftaran langsung motor di stasiun yang ditunjuk, yakni mulai 9 Februari sampai 9 Mei 2018 (Fasilitas tiket KA Ekonomi PSO dan KA Ekonomi Non-PSO) serta dari awal penjualan tiket KA Tambahan hingga hari ke-30 KA penjualan KA Tambahan di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru dan lainnya.

Di periode tanggal yang sama juga terdapat pendaftaran langsung motor yang tidak difasilitasi pemesanan tiket dan pendaftaran langsung motor untuk "contra flow"/ daerah di stasiun persinggahan KA motor gratis di daerah.

Angkutan motor gratis terbagi menjadi tiga relasi, yaitu relasi pertama, Lintas Utara, Lintas Selatan 1 dan Lintas Selatan 2.

Lintas Utara, yaitu Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasar Turi (PP), Lintas Selatan 1 Stasiun Jakarta-Gudang-Stasiun Kutoarjo (PP) dan ketiga, Lintas Selatan 2 Stasiun Jakarta-Gudang-Stasiun Blitar (PP).

Adapun, KA penumpang yang mendukung angkutan tiket peserta motor gratis, yaitu KA Progo (Pasar Senen-Yogyakarta), KA Harina (Bandung-Surabaya Pasar Turi), KA Tawang Jaya (Pasar Senen-Cirebon Prujakan - Semarang Poncol), KA Serayu Pagi (Pasar Senen - Kroya - Purwokerto) dan sebagainya.
(ant/JPN)

Komentar

JP-Torial Lainnya