Foto : Dok Edi Novial for JPNewa

JPNews - Megawati Soekarnoputri kembali dipilih secara aklamasi oleh pengurus DPD dan DPC se-Indonesia sebagai ketua umum PDI Perjuangan untuk masa periode 2019-2024 dalam Kongres V PDIP di Bali, Kamis (8/8).

"Utusan Kongres menetapkan Ketum Hj Megawati Soekarnoputri sebagai ketum periode 2019 - 2024," ujar Sekretaris DPC PDIP Lampung Barat (Lambar), Edi Novial yang mendampingi Ketua DPC Parosil Mabsus di kongres itu, saat dihubungi JPNews.

Sementara itu, dilansir dari laman CNNIndonesia, Megawati untuk kesekian kalinya kembali menjabat sebagai ketua umum sejak PDIP berdiri pada 1999 silam.

Pengukuhan Megawati sebagai ketum PDIP selanjutnya dilakukan dalam Kongres ke-V PDIP di Denpasar, Bali, Kamis.

"Semua menghendaki secara aklamasi, saya diangkat lagi sebagai ketua umum PDIP periode 2019-2024," kata Megawati.

Megawati mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan para kader PDIP. Dia berharap dapat mengemban jabatan sebaik mungkin.

Megawati Soekarnoputri merupakan putri proklamator kemerdekaan Indonesia yang juga presiden pertama, Soekarno. Megawati lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947, saat Indonesia tengah berperang melawan Sekutu yang ingin merebut kembali kemerdekaan.

Dalam kancah politik, Megawati telah makan asam garam.

Dia pernah menjadi ketua umum PDI pada 1996. Kemudian pada 1999, dia mendirikan PDI Perjuangan sekaligus menjadi ketua umum. 

Megawati lalu menjadi presiden Republik Indonesia ke-5 menggantikan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

(mst/CNN/JPN)

Komentar

Politik Lainnya