Sutopo PN

JPNews - Wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik, Jumat (2/8) pukul 19.03.21 WIB menjadi tren di media sosial, utamanya twitter.

Namun, bencana alam itu ternyata mengingatkan netizan kepada sosok mantan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dengan cuitan Pak Sutopo.

Hinga pukul 21.45 WIB, tweet Pak Sutopo telah mencapai 2.594 cuitan.

Netizen pun mendoakan pahlawan kemanusiaan dari BNPB itu.

Seperti cuitan akun @gembellganteng. Ia menge-tweet pukul 8:19 WIB.

"Biasanya akun ini sudah update untuk menjelaskan dan menenangkan. Seketika ingatan membawaku ke akun ini. Al-Fatihah untuk Pak Sutopo, semoga selalu diberi tempat terbaik di sisi-Nya," tulisnya sembari melampirkan tangkapan akun Sutopo_PN.

Sementara dua cuitan terkait gempa itu juga menjadi populer, tsunami dan tagar gempa.

Tweet-an Tsunami 257 ribu cuitan dan tagar gempa 169 ribu.

Sebelumnya, Wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik, Jumat (2/8) pukul 19.03.21 WIB.

Hasil analisis menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan M=7,4. Episenter terletak pada koordinat 7.54 LS dan 104.58 BT tepatnya di laut pada kedalaman 10 km. 

Gempa ini sebelumnya disebut berpotensi tsunami, namun BMKG mengakhiri peringatan itu sekitar pukul 21.35 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmad Triono, di Jakarta melalui keterangan tertulis yang diterima JPNews, sebelumnya mengimbau masyarakat agar percaya dengan informasi resmi.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg." Demikian Rahmad Triono

(mst/JPN)

Komentar

Netizen Lainnya