JPNews - Dua kelompok massa terlibat bentrokan di kawasan hutan Register 45, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, Rabu (17/7) sekitar pukul 14.00 WIB. Pemicunya diduga perebutan lahan tanah kawasan tersebut.

Informasi yang dihimpun JPNews, kedua kelompok yang bertikai adalah kelompok Mekar Jaya Abadi Kabupaten Mesuji Lampung dengan kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya bermukim di wilayah Ogan Komering Ilir, Kabupaten Provinsi Sumatera Selatan. 3 orang dikabarkan tewas dalam bentrokan berdarah antar kelompok massa dari dua wilayah yang berada di perbatasan Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan ini.

Salah seorang saksi mata, Sarjono (45), warga setempat mengatakan, bentrokan berdarah ini dipicu berawal saat traktor yang membajak tanah di lokasi KHP REG 45 kelompok Mekar Jaya Abadi, traktor tersebut membajak diareal tanah seluas setengah HA milik Yusuf (41) dari kelompok Mekar Jaya Abadi.

"Kejadian tersebut diketahui oleh warga kelompok Mekar Jaya Abadi, kemudian warga memukul kentongan berkumpulah warga, kemudian mengamankan bajak tersebut sambil menanyakan atas perintah siapa melakukan pembajakan," tuturnya saat ditemui JPNews, Rabu (17/7) malam.

Lanjutnya, tidak lama kemudian operator traktor pulang, namun datanglah sekelompok warga kelompok Mesuji Raya (Pematang Panggang) dengan membawa senjata tajam melakukan penyerangan terhadap warga kelompok Mekar Jaya yang mengamankan traktor tersebut.

"Kemudian terjadilah perlawanan oleh kelompok Mekar Jaya Abadi sehingga menimbulkan korban," ungkapnya.

Sementara itu, kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad membenarkan kejadian bentrokan dua kelompok warga di Register 45 Mekarjaya, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung pada Rabu (17/7) siang, dan dilaporkan sedikitnya tiga orang tewas akibat bentrokan ini.

"Iya benar terjadi bentrok disana, anggota sedang berada di lokasi," ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (17/7) malam.

Menurutnya, saat ini anggota kepolisian berada di tempat kejadian untuk melakukan lokalisir agar tidak meluas, serta melakukan upaya persuasif agar kedua kelompok yang berselisih bisa menahan diri.

"Kapolres Mesuji saat ini sudah berada di lokasi kejadian untuk menetralkan suasana dan melakukan pendekatan kepada kelompok yang bertikai," tandasnya. (fan/drw/bbs)

Komentar

Lampung Lainnya