Menurut Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra

JPNews - Meski daerah terkenal dengan wisatanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali ternyata lebih memilih mengusung inovasi bidang pertanian dan pemberdayaan masyarakat. 

Nama terobosan baru itu adalah Pengembangan Pupuk Organik Sipadu Mendukung Pengentasan Kemiskinan. 

Menurut Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan inovasi ini memfasilitasi dalam pembuatan surat rekomendasi dan subsidi pupuk organik serta melakukan melakukan pembinaan teknis untuk meningkatkan kualitas pupuk yang dihasilkan. 

"Seluruh kelompok Sipadu dan petani secara luas turut dilibatkan dalam penerapannya," ucap dia.

Sipadu juga, sambung Indra, inovasi ini memberikan dukungan dalam pengeluaran surat rekomendasi pupuk dan menjembatani dalam pengujian pupuk, pengemasan dan pelabelan produk Sipadu baik pupuk padat maupun cair.

Kemudian, pembuatan bio kultur dengan air slury yang telah diolah, pembuatan pupuk dengan mencampur agensia hayati berupa Trichoderma serta pembuatan sabun kosmetik dari susu kambing. 

"Terdapat perubahan sikap mental masyarakat, kesadaran akan kesehatan dan pertanian yang berwawasan lingkungan serta berkelanjutan, peningkatan produksi pupuk pupuk organik serta peningkatan pendapatan petani," tukas dia.

(drw/JPN)

Komentar

Nasional Lainnya