Sekda Grobogan Sumarsono

JPNews - Pemerintah Kabupaten (Pemkan) Grobogan, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memboyomg inovasi bidang pertanian. Yakni, Rumah Kedelai Grobogan (RKG).

Maklum saja, Kabupaten Grobogan selama ini populer sebagai salah satu daerah penyangga pangan di tingkat Jateng maupun nasional. Hal itu terkait dengan tingginya hasil produksi  beberapa komoditas pertanian  terutama jagung dan kedelai. 

Bahkan Kabupaten Grobogan dikenal memiliki varietas kedelai lokal unggulan dengan nama Kedelai Varietas Grobogan. Nah, RKB sendiri berlokasi di Jalan Purwodadi-Solo, Desa Kranggganharjo  Taroh.

Sekda Grobogan Sumarsono mengungkapkan RKG adalah unit terpadu wadah pembelajaran agrobisnis kedelai lokal yang diciptakan Dinas Pertanian setempat.

Unit ini, sambung dia, semgaja dibuat dalam bentuk model layanan agrobisnis berbasis kedelai dari hulu sampai hilir yang berperan sebagai pusat informasi, pusat inovasi, dan pusat pembelajaran tentang agribisnis kedelai lokal. 

“Semenjak mulai dibangun pada bulan Agustus 2013 sampai dengan launching oleh Gubernur pada tahun 2017, RKG telah mendorong peningkatan kontribusi kedelai lokal Grobogan yang semula 31,05 persen menjadi 43.08 persen di Jawa Tengah,” tukas Sumarsono.

(drw/JPN)

Komentar

Nusantara Lainnya