Aleg PKS, Mukhlas Bastari

JPNews - Mukhlas Bastari, Anggota DPRD Kota Bandar Lampung dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), punya keinginan membangun Kota Bandar Lampung, jika dirinya terpilih sebagai Walikota. 

Hal itu ia ungkapkan, di kediamannya, di Jalan Perumahan Taman Suropati, Bandar Lampung, Minggu (14/7).

Ditemui di rumahnya, dengan mengenakan batik dan celana dasar, pria ini terkesan berwibawa. Wawancara yang berlangsung seputaran pencalonannya sebagai Walikota.

Mukhlas mengaku, untuk mencalonkan diri sebagai Walikota di PKS ada mekanismenya. Selain itu, PKS juga butuh partai pendukung untuk bisa mencalonkan Walikota.

“PKS tidak bisa berdiri sendiri, tapi butuh partai pendukung untuk bisa mencalonkan seorang walikota,” ujarnya.

Ia menilai, semua hasil pembangunan dari Walikota saat ini sudah bagus. 

“Kita harus berpikir positif terhadap semua hasil pembangunan yang telah dilakukan Walikota,” kata dia.

Meski begitu, Mukhlas tetap keinginan yang tinggi jika dipercaya memimpin Kota Bandar Lampung. “Saya ingin membangun Bandar Lampung dari berbagai sisi, tapi ada beberapa prioritas, yakni meminimalisasi angka kemiskinan dengan membangun roda ekonomi, meningkatkan kualitas guru, dan banyak lagi,” terangnya, sambil nyeruput kopi hangat.

Ada trik khusus yang dilontarkan Mukhlas untuk meminimalisasi angka kemiskinan, yakni dengan menitikberatkan ke generasi muda. “Kami akan mengajak generasi muda untuk berkarya dengan mendirikan berbagai usaha,” ungkapnya.

Misalnya, dengan menciptakan kelompok pemuda di sebuah kelurahan, yakni dengan memberikan modal usaha. Misalnya, membuat souvenir khusus. “Seperti membuat kaos, membuat oleh-oleh khas Lampung,” tambahnya.

Ia pun mengaku baru pulang dari Bandung. Disana hampir semua pedagang melayani konsumen dengan senyum dan menjaga keramahtamahan. “Dan itu bisa kita wujudkan di Kota Bandar Lampung,” tandasnya.

Kemudian, di bidang pendidikan. “Kami harus meningkatkan kualitas guru, khususnya pendidikan dasar karena untuk anak-anak rekam jejaknya sangat bagus,” katanya.

Dia mencontohkan, seseorang jika dididik pada dasarnya bagus, maka hasilnya kemudian hari juga bagus, begitu juga sebaliknya.
“Untuk mewujudkannya yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas guru,” tukasnya.

Caranya, kata Mukhlas, dengan memberikan bimbingan teknis, dan memanggil instruktur yang bagus. “Kalau perlu dari luar negeri, untuk memberikan materi khusus pendidikan dasar,” kata dia.

Singkat memang wawancara dengan sosok politisi muda PKS ini. Namun jelas tersirat kuat keinginannya untuk lebih memajukan Kota Bandar Lampung ke depan. (*/jpn)

Komentar

Politik Lainnya