JPNews-Kantor Kesbangpol Kota Metro mencatat, hingga kini terdapat 50 organisasi kemasyarakatan (ormas) di Bumi sai Wawai, yang mengantongi Surat Keterangan Keberadaan Organisasi (SKKO).

Itu, disampaikan oleh Kepala Kantor Kesbangpol Kota Metro, Nur Elman melalui Kasi Sosbud, Anastasia Widarini, usai menerima pengurus DPD Gerakan Masyarakat Lokal (GML), di Kantor Kesbangpol setempat, Rabu (10/7). "Saat ini, ada sekitar 50 ormas yang terdata dan memiliki SKKO," kata Anastasia.

Kemudian, terkait berkas pendaftaran Ormas GML Kota Metro, pihaknya meminta pengurus untuk melengkapi berkas, mulai dari dokumen akta pendirian, pengesahan dari Kemenkum dan HAM, struktur kepengurusan, serta sejumlah persyaratan lain. "Dokumen tersebut, selanjutnya akan diverifikasi," ujar dia.

Sementara itu, Ketua DPD GML Kota Metro, Slamet Riadi mengatakan, Sebagai warga negara yg tergabung dalam ormas GML  pihaknya akan melakukan segala sesuatunya sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada, yaitu mendaftarkan ke kesbangpol kota metro.

Ia meneruskan,  setelah mengantongi legalitas ormas dari Kantor Kesbangpol, pihakna  akan melaksanakan program kerja lembaga yang sudah direncanakan, di antaranya melakukan kontrol sosial dan monitoring  terhadap kebijakan pemerintah daerah, sebagaimana diamanatkan UUD 1945 pasal 28 ayat (2) serta UU nomor 28 tahun 1999 tentang peran serta masyarakat, serta PP nomor 68 tahun 1999. 

"Kami akan mengawasi pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah, mulai dari anggaran, pembangunan, sosial politik, ekonomi dan lainnya,  guna terciptanya pemerintahan yang Good Government," tegasnya. (wie)

Komentar

Lampung Lainnya