JPNews - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membeberkan program Kartu Tani Berjaya kepada Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman. Itu dilakukan guna mewujudkan Bumi Ruwa Jurai sebagai lumbung logistik ternak dan pangan nasional.

Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Fachrizal Darminto, pertemuan gubernur dengan Mentan tersebut berlangsung di Jakarta, Senin (24/6). 

"Pak gubernur rapat dengan Menteri Pertanian. Gubernur melaporkan rencana Kartu Petani Berjaya untuk mendukung program pertanian di Lampung. Sudah dapat dukungan dari menteri," ungkap Fachrizal.

Selain itu, Arinal juga membicarakan rencana kerjasama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Lampung akan menjadi penyuplai komoditi strategis untuk DKI. 

"Ini juga mendapatkan dukungan dari pak menteri," lanjut Fachrizal.

Mentan Amran merespons program yang disampaikan Arinal. Mentan berjanji memberikan bantuan fasilitas penunjang. Seperti inseminasi buatan. 

"Pak menteri mendukung untuk memperbanyak indukan," jelas dia.

Mentan juga mendukung Lampung untuk menjadi sentra pembibitan perkebunan dan pertanian. Termasuk diantaranya kopi dan kakao.

"Lampung diharapkan menjadi sentra bibit kopi dan kakao nasional, sehingga bisa mensuplay provinsi lainnya," lanjut Fachrizal.

Setelah bertemu Mentan Amran, Gubernur Lampung Arinal melanjutkan lawatan ke Pemprov DKI Jakarta. Kepada Anies, gubernur menyampaikan bahwa Provinsi Lampung siap mendukung ketahanan pangan DKI. Bahkan, pembicaraan juga mengarah pada pengelolaan potensi minyak dan gas di lepas pantai Lampung Timur. 

"Skema kerjasamanya, bisnis to bisnis antara BUMD Provinsi Lampung dengan BUMD DKI Jakarta," pungkas Fachrizal. (*/jpn)

Komentar

Ekonomi Lainnya