TOP 0 Edukasi



JPnews - Penerapan sistem zonasi hingga 90 persen pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berimbas sepinya pendaftar khususnya pada sekolah-sekolah favorit.

Hal itu, terlihat pada hari kedua pelaksanaan PPDB pada sejumlah SMA di Kota Metro, seperti SMAN 3 dan SMAN 5 Metro, jika sebelumnya pendaftaran membludak, kini hanya terlihat puluhan siswa yang mendaftar, padahal batas waktu pendaftaran tinggal sehari lagi.

Kepala SMAN 3 Metro, Ibnu Budi Cahyana mengatakan, memasuki hari kedua, pendaftaran siswa baru di sekolahnya memang terlihat sepi, tetapi pada hari pertama kemarin, jumlah pendaftar mencapai 200-an orang. "Jumlah pendaftar pada hari pertama memang tampak sepi, tetapi pada hari pertama, jumlah pendaftar memcapai 200 orang," kata Ibnu Budi Cahyana, Selasa (18/6).

Menurut dia, petunjuk teknis (juknis) pada PPDB kali ini, memang berbeda dengan tahun sebelumnya, karena penerapan sistem zonasi hingga 90 persen, dan sisanya 10 persen diperuntukkan bagi jalur siswa berprestasi dan calon siswa yang orang tuanya mendapatkan perpindahan tugas. "Dengan sistem zonasi, panitia hanya menerima pendaftar yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) yang menunjukkan domisili calon siswa," ujar dia.

Tak hanya di SMAN 3, pendaftar pada SMAN 5 Metro juga mengalami penurunan jumlah pendaftar, bahkan pada hari pertama, pendaftar pada sekolah yang berlokasi di Kecamatan Metro Pusat tersebut, tercatat baru mencapai 50 orang calon siswa.

Diketahui, jadual PPDB tingkat SMA di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung,   dimulai tanggal 17-19 Juni 2019, pengumuman tanggal 20 Juni 2019, dan daftar ulang dilaksanakan tanggal 20-22 Juni 2019. 

Sedangkan, untuk daya tampung SMA Negeri di Kota Metro, meliputi SMAN 1 Metro 340 orang, SMAN 2 Metro 340 siswa, SMAN 3 Metro 288 siswa, SMAN 4 Metro 288 siswa, SMAN 5 Metro 272 siswa, dan SMAN 6 Metro 272 siswa. (wie)

Komentar

Edukasi Lainnya