TOP 0 Daerah



JPNews – Tinggal satu hari lagi menuju Hari Kemenangan atau biasa dikenal Lebaran Idul Fitri 2019. Beberapa orang biasanya menghabiskan momen spesial itu berkumpul bersama keluarga.

Misalnya, pergi mudik ke rumah saudara di luar kota atau sekedar rekreasi ke beberapa tempat wisata.

Nah, bagi Anda yang lagi mudik mulang tiuh atau mulang pekon ke Lampung. Terutama, pulang kampung ke Kabupaten Pesawaran.

Anda wajib hukumnya mengeksplor keindahan Kabupaten Pesawaran selama libur lebaran.

Maklum saja, sebagai gudangnya lokasi pariwisata di Lampung, Kabupaten Pesawaran mempunyai banyak sekali lokasi-lokasi wisata, baik di darat maupun di pesisir dan laut. 

Nah, berikut ini rekomendasi 10 lokasi wisata yang ada di pesisir Kabupaten Pesawaran yang wajib Anda kunjungi.

1. Perairan Pahawang (Pulau Pahawang, Pahawang Lunik, Kelagian, dan Kelagian Lunik)

Pulau Pahawang memiliki pesona pantai dan keindahan alam laut yang cantik. Untuk menuju Pulau Pahawang, Anda bisa menggunakan kapal dari Dermaga Ketapang yang berada di Kecamatan Punduh Pidana, Kabupaten Pesawaran.

Dari Dermaga Ketapang, untuk menuju Pulau Pahawang dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam hingga 2 jam dengan menggunakan perahu sewaan.

Sebelum menuju Pulau Pahawang, di Dermaga Ketapang kamu bisa memperoleh berbagai peralatan diving dan snorkeling dengan cara sewa. Anda juga akan dibekali dengan pelampung sepanjang perjalanan menuju Pulau Pahawang.

Buat kamu yang ingin menginap Di Pulau Pahawang, nggak perlu khawatir. Disini banyak rumah-rumah penduduk yang disewakan sebagai homestay.

Selain itu, ada penginapan berupa villa yang ada di Pulau Pahawang. Bila ingin sedikit berhemat, Anda juga bisa lho membawa tenda sendiri dan camping di Pulau Pahawang.

2. Pulau Tegal Mas

Salah satu tempat wisata yang juga memiliki daya tarik di Lampung adalah Pulau Tegal Mas. Untuk bisa sampai ke lokasi destinasi ini, kamu harus menggunakan jasa perahu penyeberangan. Salah satunya bisa dari Pantai Sari Ringgung.

Jaraknya cukup dekat yakni membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Dalam satu perahu bisa diisi 10 hingga 15 orang. Jadi kalau kamu berangkat bersama teman-teman tentunya akan lebih hemat.

Jarak tempat wisata ini dari pusat Kota Bandar Lampung sekitar 24 kilometer atau butuh waktu sekitar 40 menit perjalanan dengan mengendarai mobil.

Pulau Tegal Mas Lampung memiliki kekayaan alam bawah laut yang memesona. Kamu bisa beraktivitas diving dan snorkeling disini.

Jika ingin berlibur dan menginap di sini, terdapat villa dan cottage. Penyewaan fasilitas penginapan tersebut juga bisa satu paket lho dengan keseruan lain yang bisa kamu temui di pulau ini. Beberapa penyedia jasa paket wisata Pulau Tegal Mas akan mudah ditemui di lokasi.

Pulau Tegal Mas juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Kamu bisa hiking, offroad pantai, mengelilingi pulau menggunakan ATV, jetski, banana boat, menaiki kayak dan kano. Disini juga terdapat fasilitas hiburan, restoran dan tempat ibadah.

3. Tanjung Putus

Pantai tanjung putus adalah pantai dengan keindahan pasirnya yang bersih serta lembut dan berwarna agak ke coklatan. air laut di pantai tanjung putus sangat jernih, bahkan ikan-ikan yang berlalu lalang di terumbu karang dapat terlihat jelas

Perjalanan yang ditempuh dari kota Bandar lampung ke Pantai Tanjung Putus berjarak sekitar 64 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 14 menit, dalam kondisi jalanan normal

Fasilitas yang dapat Anda nikmati saat berkunjung saat ke Pantai Tanjung Putus sangat banyak. Seperti snorkling  dengan memberi makan ikan-ikan yang ada di terumbu karang dengan roti-roti kecil. 

Pengunjung juga dapat memilih penginapan yang akan disewa, ada beberapa jenis penginapan yang dapat disewa oleh pengunjung antara lain, resort, cottage.

4. Pantai Klara

Pantai Klara berada di Jalan Way Ratai, arah menuju Padang Cermin, Pesawaran, tepat setelah Dermaga Ketapang, Dermaga Penyeberangan ke Pantai Pahawang Lampung

Pantai Klara menyuguhkan beberapa wahana watersport yang sangat menantang. Dari sekian banyak yang paling banyak diminati adalah banana boat. Kemudian, memancing, snorkling dan sunset dan canoe.

5. Pantai Sari Ringgung

Tempat wisata Pantai sari Ringgung ini berlokasi di bilangan Padangcermin, Kabupaten Pesawaran. Tempat wisata ini memiliki sejumlah wahana menarik seperti pasir timbul dan Masjid Apung.

Dipinggir Pasir Timbul juga terdapat dermaga yang berbentuk Cafe D’Apung. Terdiri dari beberapa pondokan fasilitas kamar mandi dan WC Umum. Disini kamu juga bisa bermain kano.

Untuk bisa menginjakkan kaki di pasir timbul, dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit dengan menggunakan perahu sewaan dari dermaga Pantai Sari Ringgung.

Setibanya di Pasir Timbul, jika sedang beruntung, kamu akan menemui hamparan pasir putih yang berada di tengah laut. Kamu bisa lho menginjakkan kaki kesini apabila air laut sedang surut.

Untuk menuju tempat wisata ini, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Pusat Kota Bandar Lampung atau kurang lebih 1 jam dari Bandara Radin Inten Lampung.

Buat kamu yang berencana menginap, hotel terdekat dari Pantai Sari Ringgung umumnya berada di Kota Bandar Lampung. Sebut saja Hotel Pop, Hotel Sahid, Hotel Emersia, Novotel, hingga Hotel Sheraton

6. Pantai Mutun

Pantai Mutun adalah sebuah objek wisata yang berada di bilangan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Pantai yang masih alami dan kemudahan akses adalah salah satu daya tarik pantai Mutun.

Pantai Mutun hanya berjarak 25 kilometer dari Kota Bandar Lampung dan dapat ditempuh dengan berkendara selama sekitar 30 menit. Di dekat pantai ini terdapat pula Pulau Tangkil, sebuah destinasi wisata pulau alami yang masih terjaga kealamiannya.

Pantai Mutun dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. sebut saja diantaranya, Waterboom, Kafe dan Kantin. Kamu juga bisa bermain Banana Boat, Kano, Motor ATV, hingga selancar angin.

Sama layaknya di Pantai Sari Ringgung, buat kamu yang berencana menginap, kamu bisa stay di hotel terdekat yang umumnya berada di Kota Bandar Lampung.

7. Pulau Mahitam dan Pantai Ketapang

Pulau Mahitam atau Pantai Mahitam yang juga dikenal Pantai Maitem merupakan salah satu pantai yang menyajikan pasir putih dan kejernihan panti ditengah laut. Selain itu ada juga fenomena pasir timbul dan objek mercusuar yang menarik untuk dikunjungi. 

Pulau Mahitam menarik untuk dikunjungi, karena memiliki keindahan dan keunikan. Bagus menjadi spot foto untuk kamu upload di media sosial. Dan asiknya lagi, pulau yang berada di Kabupaten Pesawaran ini masih termasuk dekat dari Kota Bandar Lampung. Bisa pergi pagi pulang siang atau sore. 

Namun yang unik adalah ketika surut. Saat pantai surut anda bisa menyeberang dengan berjalan kaki. Pasir timbul yang berada di pulau tersebut dapat memberikan jalan untuk anda menyeberang

8. Pantai Dewi Mandapa dan Hutan Mangrove Gebang

Pantai Dewi Mandapa terkenal dengan adanya Pulau Cinta dan juga Dermaga Asmara. Dua objek inilah yang menjadi daya tarik utama wisatawan untuk berkunjung ke pantai yang terletak di Kabupaten Pesawaran ini.

Pantai Dewi Mandapa beralamat di Desa Gebang Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Jaraknya tak begitu jauh dari pusat Kota Bandarlampung yakni sekitar 29, 1 km dengan lama perjalanan sekitar 1 jam lebih. 

Pantai Dewi Mandapa ini banyak mengusung spot untuk berfoto di beberapa objek. Objek-objek tersebut pun ditata membentuk spot yang romantis. Sebut saja Culau cinta, di Pulau Cinta ini pengunjung bisa berfoto denga latar yang menawan.

Salah satu spot yang juga menjadi favorit adalah balkon cinta. Di balkon cinta ini pengunjung disediakan pulau yang terbuat dari kayu berwarna merah muda. Kesan romantis nampak jelas di lokasi ini.

Hal inilah yang menjadikan balkon cinta atau Pulau Cinta ini sering dijadikan juga lokasi preweding

9. Pulau Wayang

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Papua, di Lampung juga ada Pulau Wayang yang keindahannya serupa dengan Kepulauan Raja Ampat. Sudah banyak yang menjuluki Pulau Wayang sebagai Raja Ampat nya Lampung

Rute menuju Pulau Wayang Lampung bisa ditempuh dari Dermaga Ketapang Pesawara  atau juga melalui Teluk Kiluan.

Waktu tempuh dari Dermaga Ketapang sekitar 2 jam perjalanan. Dari Bandarlampung ke Dermaga Ketapang Sekitar 2 jam. Artinya jika anda memulai perjalanan dari Bandar Lampung, anda akan menghabiskan waktu sekitar 4 jam perjalanan untuk sampai di miniatur Raja Ampat ini.

Perjalanan yang agak panjang ini akan terbayar ketika anda sampai di Pulau Wayang. Sambutan gugusan pulau-pualu kecilnya akan membius anda.

Pulau-pulau kecil dari batuan besar tersebut berwarna hijau ditutupi oleh tumbuhan-tumbuhan diatasnya. kemudian jejeran pulau kecil tersebut menjulang tinggi ditengah lautan dengan warna air laut yang biru.

Destinasi ini nampak sangat instagramable jika dijadikan backgroundfoto. Anda bisa berfoto diatas kapal sembari menunjukan pulau kecil dibelakang anda.

Pulau Wayang atau juga disebut Pulau Karimanta ini memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga tidak cocok untuk kegiatan snorkling dan juga diving. Namun percayalah menyaksikan pulau ini dan berfoto disekitarnya serasa anda berada di Raja Ampat.

Untuk penginapan di Palau Wayang, anda bisa menginap di homestaydisekitar Dermaga Ketapang atau menginap di Bandar Lampung. Jika anda berangkat dari Teluk Kiluan, anda bisa menginap di penginapan yang tersedia di panta tersebut.

10. Pantai Batu Mandi

Pantai ini terletak di Desa Batu Menyan, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Jarak pantai ini dari Kota Bandar Lampung sekitar 33 km dengan waktu tempuh sekitar satu jam 30 menit. 

Untuk fasilitas yang ada yakni kamar mandi untuk bilas, ada warung makan, ada mushola, pondokan, sewa ban, dan juga ada sewa perahu untuk penyeberangan ke Pulau-pulau cantik di Teluk Lampung.

Yang spesial, pengunjung juga bisa menyeberang ke Teluk Kiluan. Dari Pantai Batu Mandi ini pengunjung bisa menyewa kapal untuk kemudian melihat lumba-lumba di Kiluan. Waktu tempuhnya sekitar du jam perjalanan.

Itulah dia Top 10 lokasi-lokasi wisata di Pesisir Pesawaran yang bisa kamu kunjungi, terutama pada saat libur hari raya ini. Anda bisa mengunjungi lokasi-lokasi tersebut sendiri, berdua bersama pasangan, bersama keluarga, sahabat, teman-teman, dan saudara semuanya.

(san/mst/JPN)

Komentar

Daerah Lainnya