JPNews - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat menjamin keandalan pasokan listrik untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah atau Lebaran 2019.

Manager Komunikasi PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Iwan Ridwan mengungkapkan beban Puncak Malam pada Lebaran tahun ini diprediksi mencapai 4.335 MW atau naik sekitar 113 MW (3 persen) dibandingkan dengan Beban Puncak malam hari pada Idul Fitri tahun lalu sebesar 4.222 MW.

"Untuk daya mampu pasok untuk Idul Fitri 1440 H sebesar 11.933 MW, masih jauh dari prediksi beban puncak baik siang hari maupun malam hari di perayaan Idul Fitri 1440 H tahun ini sehingga daya mampu pasok dinyatakan siap untuk menunjang kegiatan selama Idul Fitri 1440 H," ungkap dia di Bandung, Sabtu (25/5).

Meskipun terjadi penurunan terutama untuk konsumsi listrik industri dan perkantoran, Iwa melanjutkan, terdapat beberapa daerah non kawasan industri yang diprediksi beban puncaknya tetap stabil bahkan cenderung meningkat.

Di antaranya, Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Cianjur, dan Sukabumi.

Hal itu terjadi karena merupakan daerah tujuan para pemudik dari beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Bekasi, Bogor dan sekitarnya.

(ant/JPN)

Komentar

Jabar Lainnya