JPNews  - Pemerintah Daerah (Pemda)  Kabupaten Sukabumi terus lakukan penanganan sampah khususnya disepanjang pesisir pantai jelang idul fitri tahun ini. 

Seperti halnya, kegiatan yang digelar di Kampung Sawah Garung, Desa Loji, Kecamatan Simpenan , Kabupaten Sukabumi,  Jawa Barat, Jumat (24/5).

Dalam aksi tersebut, masyarakat beserta lembaga pemerintahan hingga Ormas terlibat termasuk Pihak PLTU yang menerjunkan satu pick up dan wheel loader.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi Denis Eriska mengatakan, kegiatan kali ini memfokuskan pembersihan sampah non organik seperti kain dan plastik. Sampah yang terkumpul selanjutnya diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA). 

"Bersih-bersih pantai ini dilakukan sebagai langkah penanganan sampah disepanjang pesisir pantai. Dan kegiatan kali ini, sampah yang dikumpulkan sebanyak dua dump truk dan dua pick up," ujarnya kepada JP-News.id, Jumat (24/5).

Tidak hanya saat ini, kegiatan akan dilakukan lagi setelah Idul Fitri. Denis meminta masyarakat dan pemerintahan setempat, setelah aksi ini kebersihan Pantai Loji dijaga.

"Intinya perilaku masyarakat membuang sampah baik ke pantai khususnya ke sungai belum berubah sampah akan terus menumpuk meskipun volume sampah berkurang dari dari sebelumnya," tandasnya.

Sementara itu, langkah kedepannya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi akan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jabar untuk menangani sampah di Pantai Loji. 

Salah satunya dengan merencanakan pemasangan jaring di muara sungai Cimandiri yang berada bersebelahan dengan PLTU Jabar 2 Palabuhanratu. 

Jaring tersebut sebagai penahan sampah agar tidak langsung terbawa ke laut lalu setiap dua hari sekali atau lebih jaring tersebut akan dibersihkan dengan cara ditarik ke darat kemudian sampahnya diangkut ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA). (Lan)

Komentar

Jabar Lainnya