Sanni Lumi

JPNews - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lampung Utara sedang melakukan kajian program internet desa guna membuka akses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi kerakyatan berbasis teknologi digital.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Lampura, Sanny Lumi, program ini akan dimulai di beberapa desa yang selama ini dinilai memiliki progress pembangunan yang baik serta karakteristik masyarakat yang 'melek teknologi'.

"Dalam program internet desa ini akan menggandeng investor (pengembang jaringan IT). Saat ini investor dimaksud sedang melakukan analisis kelayakan serta persiapan pembangunan infrastrukturnya," ujar Sanny Lumi, kepada sejumlah wartawan, Jumat (24/5), di ruang kerjanya.

Dijelaskan Sanny lebih lanjut, selain menyiapkan infrastruktur, pengembang jaringan IT juga menyediakan aplikasi digital yang mampu mempermudah akses maupun informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, serta aplikasi yang menunjang dunia entrepreneur sehingga berdampak pada meningkatnya pertumbuhan perekonomian desa.

"Ada beberapa desa yang sudah menyambut dan siap membuka peluang dengan menyiapkan aset yang dibutuhkan untuk pembangunan jaringan IT-nya," urai Sanny Lumi.

Dikatakannya, desa-desa yang menyambut positif program ini akan dijadikan sebagai desa percontohan yang akan terus dikembangkan serta ditularkan ke seluruh desa yang ada di Kabupaten Lampung Utara.

"Dalam waktu dekat, kami akan mempresentasikan program ini bersama Kepala BAPPEDA dengan mengundang sejumlah kepala desa yang sudah kami inventarisir guna mematangkan perencanaan, sistem manajemen dan administrasi, pelaksanaan pembangunan infrastruktur, dan hal penting lainnya," tutur Sanny Lumi.

(sol)

Komentar

Lampung Lainnya