Lesty Putri Utami

JPNews – Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Pribahasa itu cocok disematkan kepada Lesty Putri Utami. 

Putri Sulung mantan Bupati Lampung Barat (Lambar), Mukhlis Basri itu terpilih menjadi anggota DPRD Lampung Periode 2019-2024. Sementara sang ayah Mukhlis Basri juga lolos ke Senayan setelah dua periode memimpin Lambar.

Lesty berhasil memperoleh 17.455 suara, dan menjadi suara terbanyak kedua di PDIP dapil II Lampung Selatan (Lamsel). 

Karir politik Lesty sendiri mirip dengan ayahnya karena mengawali dari usia yang cukup muda biasa disebut milenial. Ya, istri dari Reza Mahendra itu baru berusia 29 tahun (30 November 1989) sudah duduk sebagai wakil rakyat.

Warga Perum Kopri, Blok A 12 Nomor 10 Lingkungan II, Kecamatan Sukarame, Kota Bandarlampung mengaku kaderisasi perpolitikan telah ditanamkan sang Ayah saat dirinya duduk di bagku kelas 3 SMA sederajat. Ia sering bergabung dengan PAC PDIP Sukarame, Kota Bandarlampung hingga terakhir menjadi Wakil Ketua Pemberdayaan Perempuan di DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan (Lamsel).

Lalu saat Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu, Mukhlis Basri mendorongnya untuk ikut berlaga memperjuangkan rakyat.

Namun, ia lebih memilih untuk menekuni bisnis dan usahanya yang dibangun sejak usia 18 tahun, yaitu jasa layanan umrah dan LPG.

Alumni sarjana Hukum Universitas Lampung (Unila) angkatan 2006 itu akhirnya memutuskan maju pada laga pileg 2019 setelah Mukhlis Basri tak jadi kepala daerah lagi. 

Jiwa idealisme Lesty yang kuat tentang makna bahwa wakil rakyat harus dari hati bukan karena memanfaatkan jabatan. Dirinya juga tak memilih Kabupaten Lampung Barat sebagai daerah pertarungan politiknya, tapi Kabupaten Lampung Selatan. 

Alumnus S2 Hukum Universitas Dipenogoro (Undip) angkatan tahun 2013 itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Lampung khususnya masyarakat Lampung Selatan, lantaran telah mendukung dan memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk mengemban amanah mewakili rakyat Lampung Selatan dalam menyampaikan aspirasi di DPRD Lampung.

"Saya sampaikan ucapan terimakasih telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengemban amanah mewakili masyarakat Lamsel untuk menyampaikan aspirasi dan membawa program serta anggaran sebanyak-banyaknya untuk kemajuan Lamsel," kata Lesty kepada para awak media, Senin (13/5).

Ia  mengaku bersyukur karena sebagai pendatang baru, dirinya bisa dipercaya dan mampu memperoleh suara terbanyak kedua di partai. "Terima kasih kepada seluruh kader PDIP yang telah berjuang untuk kemenangan saya," kata dia.

Kemudian, selain program BBM dia juga berencana untuk menambah armada ambulance gratis untuk masyarakat di Lampung Selatan. Kemudian meningkatkan di bidang pariwisata. Dia menambahkan, selama masa kampanye banyak sekali keluhan masyarakat di dapil II yang disampaikan. Seperti bidang pendidikan, sosial dan pariwisata.

"Nanti setelah duduk di DPRD, saya akan lanjutkan perjuangan aspirasi masyarakat yang sudah saya lakukan selama kampanye. Salah satunya melanjutkan balai belajar masyarakat (BBM) yang sekarang sudah ada di Jatiagung, ini khusus Masyarakat yang ingin belajar namun tidak memiliki biaya," katanya.

"Sebagai wilayah pesisir, saya ingin pariwisata di dapil II ini bisa dikenal seperti di pesawaran dan pesisir barat. Kemudian untuk kegiatan sosial kita akan menambah beberapa armada ambulance lagi," tuturnya.

(erl/mst/JPN)

Komentar

Politik Lainnya