Ilustrasi

JPNews - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menggelontorkan anggaran sekitar Rp56 miliar untuk para guru honorer.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang Nandang Mulyana mengatakan anggaran honorer ini terkait dengan peningkatan mutu manajemen sekolah selama dua tahun terakhir.

"Sudah dua tahun terakhir ini kami berusaha meningkatkan honor para guru honorer melalui PMMS (Peningkatan Mutu Manajemen Sekolah)," kata dia di Karawang, Senin.

Menurut dia, dana PMMS tersebut diberikan tidak termasuk gaji mengajar untuk dua kategori guru honorer berdasarkan tahun mereka melakukan pengabdian. Untuk guru honorer yang telah mengabdi dalam kurun waktu sepuluh tahun ke atas, pihak pemerintah memberikan uang senilai Rp700 ribu per bulan. Sedangkan untuk yang mengabdi dibawah sepuluh tahun akan diberikan Rp400 ribu per bulan. Tapi honor tersebut diberikan per enam bulan.

Ia melanjutkan, PMMS ini, diberikan kepada 13 ribu guru honorer untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik dan kualitas pendidikan di Karawang. Pada 2018, pihaknya akan mengevaluasi PMMS di Karawang. Kajian ini berkaitan untuk menambah uang tambahan bagi para honorer.

PMMS tersebut bukan hanya untuk kebutuhan guru saja, tetapi juga untuk sarana dan prasarana sekolah juga.

 "Jadi nanti kami evaluasi dalam kebutuhan belanja pegawainya karena memang bantuan sarana ini ada bantuan dari pemerintah pusat," kata dia. (gun)

Komentar

Jabar Lainnya