JPNews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat dampak banjir bandang Sentani bukan hanya di Distrik Sentani.

Namun ada lima distrik di Kabupaten Jayapura Provinsi Papua yaitu Distrik Sentani, Distrik Waibu, Distrik Sentani Barat, Distrik Ravenirara, Dan Distrik Depapre. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutka  korban jiwa banjir bandang tercatat 112 orang meninggal dunia, di mana 105 orang di Kabupaten Jayapura dan 7 orang di Kota Jayapura.

"Dari 112 orang meninggal dunia, 77 jenazah telah berhasil diidentifikasi oleh tim Inafis Polri sedangkan 35 jenazah belum berhasil diidentifikasi," ungkap dia kepada JPNewa.id, Sabtu (30/3). 

Menurutnya, kebanyakan korban yang belum diidentifikasi adalah pendatang dari luar Papua yang tidak melaporkan diri ke dinas kependudukan atau aparat setempat sebelumnya. 

"Dari 77 korban yang sudah teridentifikasi, 52 korban sudah diberikan santunan Rp 15 juta per korban kepada ahli warisnya," tegas Sutopo.

Adapun jumlah korban luka sebanyak 961 orang yaitu 153 orang luka berat dan 808 orang luka ringan. Korban hilang tercatat 17 orang. 

"Nah setelah dilakukan pendataan, banyak korban dilaporkan hilang berhasil ditemukan di tempat pengungsian. Atau telah kembali ke keluarganya tetapi tidak melaporkan ke posko," papar Sutopo. 

(drw/JPN)

Komentar

Nusantara Lainnya