JPNews - Institut Agama Islam (IAI) Agus Salim Metro Lampung, menjalin kerjasama atau MoU (Memorandum of Understanding) dengan beberapa Perguruan Tinggi (PT) di Asia. Itu, setelah IAI Agus Salim,  terdaftar menjadi anggota Asian Islamic Universities Association (AIUA).

Penandatanganan nota kerjasama, dilakukan oleh Rektor IAI Agus Salim, H. Ach. Chairy, di IAIN Bengkulu pada tanggal 27 – 30 Maret 2019,   bersama perwakilan dari bebagai PT di Asia, di antaranya Kolej Teknologi Islam Antar Bangsa (KITAB) Malaysia dan Mindanau State University Filipina.

President AIUA Prof. KH. Yudian Wahyudi, MA, PhD, mengatakan, kerjasama dimaksud, meliputi program kerja yang telah dibicarakan sebelumnya, yaitu menyangkut jaminan mutu, kualitas jurnal, penerbitan 6 jurnal, ditambah dengan training of trainer (TOT). 

Selain itu, juga adanya penerimaan anggota baru. Negara yang baru bergabung di antaranya, Filipina, Maladewa, dan Bangladesh,” kata Yudian Wahyudi.

Pihaknya  berharap, kerjasama yang dijalin oleh sejumlah PT tersebut, dapat menjadikan organisasi yang betul-betul se-Asia. Juga bagian dalam rangka mengangkat potensi dosen, dan mahasiswa supaya tertarik menerbitkan jurnal internasional. “Fokus kita pada peningkatan pendidikan,” ucapnya.

Menurut dia, saat ini anggota AIUA terdapat 60 perguruan tinggi, sedangkan perguruan tinggi Islam di Asia ada sekitar 1000 institusi. Sedangkan, di Indonesia sendiri memiliki setidaknya 850 perguruan tinggi Islam. Namun yang bergabung dalam AIUA baru sekitar 30 perguruan tinggi.  

"AIUA akan mengirimkan delegasi ke berbagai negara dengan harapan bertambahnya anggota baru. Kami juga akan memperluas jaringan ke negara-negara Islam seperti Kazakhstan dan Semenanjung Arab,” ungkapnya. 

(wid)

Komentar

Edukasi Lainnya