TOP 0 Daerah



JPNews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tanggamus tahun 2018-2023, diruang Rapat DPRD setempat, Selasa (26/3).

Rapat yang dipimpin langsung Ketua Dewan Heri Agus Setiawan, dihadiri Bupati Tanggamus Dewi Handajani Anggota Dewan, Forkopimda, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Badan, Kepala Kantor Kepala Dinas, dan camat se-Tanggamus, ormas, dan insan pers. 

Dalam laporannya Seketaris DPRD Tanggamus Suratman memperhatikan Surat Bupati Tanggamus Nomor : 050/ 2379/ 35/ 2019, tanggal 21 Maret 2019, perihal Penyampaian Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2018 - 2023, dan Ketentuan Pasal 69 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017. 

Dijelaskan bahwa Kepala Daerah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD kepada DPRD, yang terdiri dari Rancangan Peraturan Daerah dan Racangan Akhir RPJMD untuk dibahas dalam rangka memperoleh persetujuan bersama. Dengan penandatanganan nota kesepakatan persetujuan bersama tidak lanjut hasil evaluasi rancangan akhir dan Raperda RPJMD Kabupaten Tanggamus tahun 2018-2023, serta penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD terkait arahan prioritas pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2020. 

"Kami berharap pembahasan dapat dilaksanakan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan dibahas secara cermat, serta berpedoman kepada Peraturan dan perundangundangan yang berlaku.  Hasil pembahasan tersebut, akan dilaporkan dalam Rapat Paripuma mendatang," terangnya. 

Sementara dalam penyampianya Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan tahun 2018 yang lalu Kabupaten Tanggamus telah melewati satu agenda penting yaitu pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Periode 2018-2023, yang menjadi satu kesatuan dalam Pilkada serentak di 171 daerah se-Indonesia. 

"Kami selaku pimpinan daerah dan tim penyusun RPJMD berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan bahwa, tujuan pembangunan berkelanjutan sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 dapat dintegrasikan kedalam RPJMD, dengan memperhatikan hasil kajian lingkungan hidup strategis sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 46 tahun 2016 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 07 Tahun 2018."

"Dalam Rancangan Akhir RPJMD Kabupaten Tanggamus tahun 2018 -2023, kami telah menggariskan bahwa visi Kabupaten Tanggamus sampai dengan lima tahun kedepan yaitu Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul, dan Sejahtera yang dijabarkan kedalam enam misi, tambahnya.

"Disamping itu penyusunan program dan kegiatan dilaksanakan dengan mengakomodir secara bertahap 55 Rencana Aksi Desa Asik melalui program inovatif seperti program pelayanan Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul (RATU) program pesona wisata RATU, serta penjaringan aspirasi masyarakat melalui program Bunda Dewi Serap Aspirasi dan Imformasi (BUDE SAR'I) yang wajib disusun dan dilaksanakan oleh organisasi perangkat daerah Kabupaten Tanggamus yang dijabarkan ke dalam Renstra- perangkat daerah."

"Kami mengharapkan masukan dari seluruh lapisan masyarakat agar RPJMD yang sedang dalam proses penyusunan ini, dapat memiliki kualitas yang lebih baik. Sehingga dapat menjadi arahan pembangunan Kabupaten Tanggamus untuk lima tahun kedepan," terangnya. 

Selanjutnya, pada tanggal 20 Maret 2019 yang lalu Rancangan Akhir RPJMD Kabupaten Tanggamus tahun 2018-2023 telah dievaluasi oleh tim Evaluasi RPJMD Provinsi Lampung, masukan dan saran yang disampaikan oleh Tim evaluasi RPJMD Provinsi Lampung telah ditindaklanjuti.

"Kami mohon perkenan yang terhormat Pimpinan DPRD bersama dengan kami dapat menyepakati bersama hasil tindaklanjut evaluasi Rancangan Akhir RPJMD Kabupaten Tanggamus tahun 2018-2023 ini. Dilakukan dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan subtansi yang terdapat di dalam dokumen RPJMD," harapnya Bupati Tanggamus. 

Rapat dilanjut dengan Penanda tanganan nota kesepakatan antara Bupati Dewi Handajani, Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Heri Agus Setiawan, Sekwan M. Suratman

(hrd)

Komentar

Daerah Lainnya