JPNews - Perubahan Kabupaten Lampung Utara (Lampura) ke arah lebih baik lagi terus bergema di tengah-tengah masyarakatnya.

Hal itu tampak nyata, seperti soal ekonominya terus mengalami peningkatan signifikan dengan segala kebijakan prorakyat yang digulirkan pada masa pemerintahan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara.

Dengan konsep Menata kota Membangun Desa, Lampura telah nyata hasilnya. Melalui delapan program prioritas (Windu Cita), geliatnya telah dirasakan benar manfaatnya oleh masyarakat.

Hal itu dibuktikan pencapaian visi-misi selama ini, yang tertuang dalam RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah) 2014-2019. Dalam bidang ekonomi contohnya, mengalami pertumbuhan lebih dari 5,43%.

"Alhamdulillah masyarakat disini telah merasakan benar manfaat program-program yang ada. Mulai dari kemanan, insfrastruktur, pendidikan, kesehatan sampai keekonomi. Terima kasih Bupati, bapak Agung Ilmu Mangkunegara. Semoga kedepan apa-apa yang diperbuat dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan rido Allah SWT," kata Tokoh Pemuda Lampura, Roli Johan, Minggu (24/3).

Berdasarkan data Pemda Lampura, pendapatan Perkapita Penduduk Kabupaten Lampung Utara pada tahun yang sama, dapat kita lihat dari PDRB perkapita harga konstannya. Yang menunjukkan peningkatan sebesar Rp. 871.073 atau 4,12% dibandingkan 2014 lalu.

Juga adanya penurunan jumlah atau prosentase penduduk miskin Lampura, pada Tahun 2017 mengalami penurunan sebesar 2.500 Jiwa atau 0,75%, dibandingkan Tahun 2014.

Hal demikian terjadi karena adanya kebijakan pemerintah daerah dibidang ekonomi, dengan memaksimalkan potensi pada sektor-sektor strategis. Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dengan meningkatkan pendapatan perkapita penduduk melalui perkuatan supra dan infrastruktur ekonomi kerakyatan yang fokus pada sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan”.

"Semoga beliau panjang umur dan selalu diberikan kesehatan oleh tuha. Serta dipriode mendatang dapat lebih mendatangkan program-program yang lebih mengena kepada masyarakat. Seperti misalnya, soal perekonomian melalui pemberdayaan masyarakat dan lainnya," sambung tokoh masyarakat dan adat Lampura, Baharudin.

Bupati Agung Ilmu Mangkunegara berkomitmen memacu pelaksanaan percepatan pembangunan agar lebih baik lagi kedepannya.

"Dengan melihat satu priode kepimpinan saya disini, manusiawi bila masih ada kekurangan didalamnya. Tapi itu, saya mencuplik pribahasa Buya Hamka, bahwasanya kegagalan yang kita raih hari ini adalah landasan keberhasilan kedepannya. Jadi dari sini dapat dipetik hikmahnya," kata Bupati Lampura itu..

Namun demikian, menurutnya, dengan landasan yang ada akan membuat landasan bagi Lampura untuk go mengejar segala yang belum ada. Agar mampu menjadi daerah hebat, kuat dan bermartabat. Dengan melanjutkan apa-apa yang belum diselesaikan melalui percepatan pembangunan. Khususnya program yang bersinggungan dengan masyarakat langsung, seperti pendidik, kesehatan, insfrastruktur dan ekonomi.

"Yakin saja kita akan melesat melalui percepatan yang dilakukan, dimana arah program kerakyatan priode mendatang di dasari dua. Yakni ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, tentunya ditunjang dengan berbagai insfrastrukturnya. Jadi masyarakat tidak hanya diberikan ikan tapi lebih dari pada itu, yang terpenting bagaiman merekancari ikan setelah diberi pancingnya," terangnya.

Kedepan pihaknya coba menghadirkan program-program kerakyatan yang dapat merangsang masyarakat dapat berdikari sendiri. Tidak lagi tergantung dengan siapa pun, sesuai dengan arahan Presiden-RI, Joko Widodo, yaitu pembangunan berkesinambungan dan merata sesuai tingkatannya. Mulai dari desa, kabupaten, provinsi sampai nasional, khusunya masalah program bersentuhan langsung dengan rakyat.

"Jadi pembangunan yang akan kita lakukan sesuai arah pembangunan provinsi dan nasional. Terutama peningkatan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat melalui percepatan didalamnya," tambahnya.

Pemkab Lampura dalam periode kedua kepemimpinan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara akan lebih mengedepankan program pemberdayaan masyarakat dan hilirasasi produk masyarakat. Mulai dari hasil alam seperti pertanian sampai dengan kerajinan masyarakat. Sehingga dapat menghasilkan nilai lebih pada peningkatan perekonomian rakyat.

"Ada tiga program yang dikedepankan pada masa kepimpimpinan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara yang masuk dalam RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah). Selain dua item diatas, ditambah dengan peningkatakan pembangunan insfrastruktur yang dimulai dari desa. Dalam peningkatan akses perekonomian masyarakat, dengan menyingkronkan antara program perdesaan, kabupaten, provinsi sampai ke nasional," kata Kepala Bappeda Lampura, Syahrizal Adhar.

"Jadi di daerah pedesaan kita, selama 4 tahun belakangan telah digelontorkan Dana Desa dari pemerintah pusat. Jadi itu nanti disingkronkan sampai ditingkat pusat,  khususnya insfraatruktur. Sehingga dapat berkesinambungan dan manfaatnya dapat dirasakan benar oleh masyarakat.

 

Berikut Profil Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara Terpilih 2019-2024 :

  1. Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara

Nama lengkap: H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP, MH; Tempat tanggal lahir: Kotabumi, 17 Agustus 1982.

Alamat: Jl. M. Tohir gang Putri No. 73 Rt/Rw 001/001, Kel. Tanjungaman, Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampung Utara.

Hobi:  Olahraga.

Moto Hidup: Ora et Labora atau Berdoa dan Bekerja.

  1. Riwayat Pendidikan

TK di Xaverius Kotabumi (1998). SD di Xaverius Kotabumi (1994). SMP di SLTPN4 Bandar Lampung (1997). SMA di SMUN 9 Bandar Lampung (2000). S1 di STPDN (2006). S2 di UBL (2008). Lemhanas P3DA IX (2014).

  1. Pengalaman Pekerjaan

Sekretaris Kelurahan Blambangan Umpu,  Kasubid di BPMD Way Kanan; Sekretaris Camat Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, Camat Tanjung Seneng dan Bupati Lampung Utara (2014-sekarang).

  1. Pengalaman Organisasi

Wakil Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung (2010). Wakil Ormas Nasional Demokrasi Provinsi Lampung (2009). Ketua DPD KNPI Kab. Way Kanan (2009). Dewan Pembina Tabriyah Islamiyah Kab. Way Kanan (2009). Dewan Pembina Persatuan Guru Ngaji Kabupaten Way Kanan (2009). Dewan Pembina Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Way Kanan (2009). Dewan Indonesia Offroad Federation (IOF) Kabupaten Way Kanan (2009).

  1. Publikasi Berjudul : Agung Ilmu Mangkunegara-Sang Inspirator Muda "Sai Bumi Rua Jurai" (2015)

Keluarga

Istri: Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP, MH (PNS)

Anak:

  1. Gusti Pun Mahasuri Sungkai Tamanuri
  2. Regein Nafisya Az Zahra Sungkai Tamanuri
  3. Muhammad Sunan Mandala Sungkai Tamanuri

 

  1. Wakil Bupati Lampung Utara, Budi Utomo

Nama lengkap: H. Budi Utomo, SE, MM

Tempat tanggal lahir:

Kotabumi, 19 Februari 1958

Alamat: Jl. Ksatria No.78 Kel. Tanjungaman, Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampung Utara.

Agama: Islam

Hobi: Olahraga

Pendidikan:

SDN Teladan (1964-1970). SMP di SMEP (1970-1973). SMA di SMEA (1973-1976).

S1 di STIE (1994-1999). S2 di UBL (2000-2002).

Pengalaman Pekerjaan:

Kasubag Pengadaan Setdakab Lampung Utara (9/10/1993). Kasubag Bagian Rumah Tangga (7/3/1999). Kepala Tata Usaha Dinas Pendidikan (30/6/1999). Kabag Umum (2/5/2000)-(22/5/2002). Kasubdin Penagihan (12/8/2004). Kabag Perlengkapan dan Keuangan (12/10/2006).  Kepala BPKKD (21/5/2008). Kepala DP2KA (11/11/2008). Assisten III Bidang Administrasi Umum (20/11/2009). Kepala Dinas Pendidikan (7/6/2013). Kepala BPKA (23/7/2014).

Organisasi:

Karang Taruna (2007). Senat Mahasiswa di STIE Ratula Kotabumi (1999). Ikatan Alumni SMKN 1 Kotabumi (2017). Ikatan Alumni STIE Ratula Kotabumi (2017). Ketua PSSI (2015). Ketua Ikatan Persaudaraan Haji (2016).

Penghargaan diterima:

Satyalancana Karyasatya XX dari Presiden-RI Tahun 2009. Satyalancana Karyasatya XXX dari Presiden-RI Tahun 2011

Keluarga:

Istri: Hj. Nur Endah Sulastri, S.Pd, MM (PNS).

Anak 4

  1. dr. Artyca Wahyu Utsmi (PNS)
  2. Syatria Agung, SE, MM (Swasta)
  3. Ayu Prameswari, S.ST (PNS)
  4. Adinda Akhsanal Viqria (Mahasiswa).

(ADV/sol)

Komentar

JP-Torial Lainnya