JPNews - Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, menyerahkan secara simbolis program Kartu Pekon Sehat (KPS), untuk masyarakat Pekon Kampungjawa Kecamatan Pesisir Tengah, di balai pekon setempat, Selasa (19/3). 

Dalam sambutannya Agus menyampaikan bahwa program KPS sebagai solusi warga yang tidak memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) seperti BPJS kesehatan/Jamkesmas/Jamkesda. 

"Untuk itu pemerintahan Pekon Kampungjawa melalui peratinnya, sudah memberikan satu solusi terhadap warganya yang kurang mampu untuk mendapatkan jaminan kesehatan melalui kartu KPS tersebut," ungkap Agus.

"Karenanya kita semua patut bersyukur, serta mengapresiasi atas langkah inovatif seorang peratin yang juga memprioritaskan warganya yang kurang mampu, utamanya dalam pelayanan kesehatan," sambungnya.

Menurut Agus, berkat KPS warga setempat yang tidak memiliki layanan jaminan formal BPJS kesehatan/Jamkesmas/Jamkesda, tetap bisa mengakses fasilitas pengobatan secara gratis, baik dalam posyandu, polindes, bidan desa, maupun puskesmas setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Agus juga memaparkan indikator penerima KPS diantaranya, warga yang memiliki tanggungan banyak, penyakit tetap, ibu hamil, dan tidak memilki jaminan sosial.

"Pembelajaran yang bisa dipetik dari inovasi KPS adalah pemerintah pekon dapat melakukan sensus kependudukan secara berkala untuk memastikan kondisi ekonomi dan sosial warganya. Sensus yang baik akan mendorong Program KPS sangat tepat sasaran," pungkas Agus.

Turut hadir pada acara tersebut Dinas Sosial (Dinsos), kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Cabjari Krui, Camat Pesisir Tengah, Polsek Pesisir Tengah, Peratin Kampungjawa dan masyarakat penerima KPS. 

(ers)

Komentar

Lampung Lainnya