JPNews - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Lampung, Adi Sukamto membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Mesuji Tahun 2020 yang dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Lampung Theresia Sormin di GSG Taman Kehati, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (14/03).

Musrenbang RKPD Kabupaten Mesuji merupakan bagian dari tahapan proses musyawarah perencanaan pembangunan daerah, setelah sebelumnya telah dilakukan Musrenbang pada tingkat desa dan kecamatan, yang diatur melalui Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, dan juga rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Penyelenggaraan Musrenbang RKPD ini merupakan tindak lanjut dari hasil Musrenbang tingkat kecamatan pada tujuh kecamatan di Kabupaten Mesuji yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 Februari  20 Februari 2019 dan Forum Gabungan OPD (Forgab) Kabupaten.

"Sebagai bahan pembahasan dan penyepakatan prioritas rencana program kegiatan yang akan dilaksanakan tahun anggaran berikutnya, di mana Musrenbang merupakan suatu instrumen penting untuk merumuskan Penyusunan RKPD Kabupaten Mesuji Tahun 2020 serta sinergisitas dengan RKPD Provinsi dan RKP Nasional," kata Plt Sekdakab Mesuji Adi Sukamto pada sambutannya.

Dari kebijakan tersebut akan diimplementasikan pada usulan program dan kegiatan yang tertuang pada dokumen perencanaan sesuai bidang kewenangan dari masing-masing OPD dari berbagai sumber dana APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten.

Pemerintah Kabupaten Mesuji senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan yang pro rakyat.

"Hal ini kami buktikan melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan pada Tahun 2018 dan terus dilaksanakan pada Tahun 2019, yaitu  pembangunan Infrastruktur Jalan di Kabupaten Mesuji dilakukan secara swakelola dengan Cor Beton Rendah (Lean Concreate Beton) untuk membuka daerah terisolir," tambahnya.

"Bantuan Pembangunan Rumah Layak Huni (Baperlahu) diberikan bagi keluarga miskin melalui rumah kita rumah Stimulan/Swadaya rumah Desa dan juga bantuan Beras Keluarga Daerah (Rastrada) yang diberikan kepada Masyarakat kurang mampu dan tidak mendapatkan Bantuan Rastra dari Kementerian Sosial. Bantuan anak yatim dengan memberikan uang saku dan bantuan beras.   Pemberangkatan anak yatim dan anak miskin mengunjungi berbagai tempat pendidikan (edukasi)," kata dia lagi.

Dan, lanjutnya, program-program lainnya yang menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Mesuji dalam rangka percepatan pembangunan Mesuji untuk kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten Mesuji.

"Untuk itu, saya berharap, kegiatan Musrenbang ini mampu menjaring aspirasi masyarakat, sekaligus memadukan program antarsektor dan arah kebijakan pemerintah, yang semuanya bermuara kepada penyempurnaan perencanaan pembangunan," tandasnya. (rls/fan/JPN)

Komentar

Lampung Lainnya