Warga binaan Lapas Kotaagung discreening TBC, Rabu (13/3). Foto: Suhardi /JPNews

JPNews -  348 warga binaan Lapas kelas IIB Kota Agung, Tanggamus, Lampung melakukan Screening Tuberculosis (TBC) di Gedung Aula Lapas setempat, Rabu (13/3).

Kegiatan ini kegiatan digelar bersama Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus dalam rangka hari TB sedunia yang diperingati pada tanggal 24 maret 2019.

Dari dinas kesehatan, kegiatan itu dilakukan oleh Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Winarti mewakili Kepala Dinkes Kabupaten Tanggamus Sukisno, dan Kepala Bidang P2P Dinkes Lampung Ida Rismauli Siagian.

Menurut Kalapas kelas IIB Kota Agung Kabupaten Tanggamus Sohibur Racman, mengatakan pihaknya mengapresiasikan kunjungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus. Ini merupakan langkah yang baik, apabila ada narapidana yang positif TBC akan di tindak lanjuti dan diserahkan untuk pengobatan.

"Ini adalah kesempatan buat kami untuk membantu kami, agar seluruh narapidana yang berada didalam lapas ini sehat. Dengan adanya pengecekan ini, mengharapkan supaya deteksi dini bisa mencegah penyakit tersebut mewabah di dalam lapas," ujar Sohibur Racman. 

Sementara Winarti mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus menyampaikan usai screening, pihaknya mengaku terkesan atas sambutan Lapas Kelas IIB Kota Agung, penyuluhan ini akan dijadikan kegiatan rutin dinas kesehatan untuk kesehatan seluruh warga binaan Lapas. 

Hal yang serupa yang dikatakan Kepala Bidang P2P Dinkes Provinsi Lampung Ida Rismauli Siagian.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan aksi dari Hari TB sedunia yang jatuh pada 24 Maret 2019. Dan untuk tahun ini, seluruh Lapas seindonesia harus bebas dari TBC. 

"Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota, untuk melakukan screening di setiap lapas uji Lab tes kesehatan pengambilan dahak apabila ada yang terterjangkit TB, pihak lapas dan dinas kesehatan akan cepat menanganinya dengan tujuan agar Lapas terhindar dari TB rensisten," terangnya. 

(hrd)

Komentar

Lampung Lainnya