TOP 0 Netizen



JPNews - Ketua Dewan Pakar Mappilu PWI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah menilai sosial media sebagai sumber hoax. Hal ini diungkapkan Ferry ketika dirinya hadir sebagai narasumber dalam diskusi publik yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung, Selasa (26/2).

"Salah satu yang berbahaya dari sosial media adalah sosmed bisa menjadi sumber hoax," ujar Ferry di Gedung Balai Wartawan Provinsi Lampung.

Menurutnya, hal itu dikarenakan semua orang bisa dengan mudah menyebarkan informasi-informasi secara bebas tanpa tau kebenaran dari suatu informasi tersebut.

"Siapa saja bisa akses sosmed, mereka dengan mudah men-share berita-berita tertentu, sedangkan sumber dari berita itu kadang belum jelas dari masa asalnya," ungkapnya. 

"Hoax merupakan suatu kebohongan yang selalu di utarakan setiap hari, sehingga lama kelamaan kebohongan tersebut bisa diterima oleh masyarakat, saat ini mungkin banyak masyarakat yang menjadikan sosmed sebagai rujukan," tambahnya. 

Karena itu dirinya berharap pers dapat menjadi corong bagi masyarakat dalam memberikan informasi yang akurat. Dirinya juga mengatakan agar media massa dapat menjalankan perannya dengan aktif sebagai rujukan yang digunakan masyarakat dalam mendapatkan informasi.

Sekadar tambahan, hoax disebarkan melalui sosmed berbasis internet. Untuk memeranginya tentu juga dengan media yang berbasis internet, Media Syber. 

(snd)

Komentar

Netizen Lainnya