ilustrasi

JPNews – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal memperluas program mudik gratis angkutan lebaran 2018. Selain pemberangkatan dari kota di Pulai Jawa, tahun ini diperluas ke luar Jawa seperti Sumatera dan Sulawesi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Suyadi mengatakan Jasa Raharja, selaku BUMN yang mengkoordinasi "Mudik Gratis bersama BUMN" akan menambah kota tujuan di luar Jawa untuk menambah peserta mudik kembali ke kampung halaman.

"Kalau untuk yang dikelola Kemenhub, orientasi mudik di dalam wilayah Jawa, seperti Jakarta ke Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Tadi ada tambahan dari Jasa Raharja orientasi sampai ke luar Jawa," tutur Budi.

Ia menjelaskan Ditjen Perhubungan Darat akan menyiapkan sekitar 1.000 bus dan sejumlah kapal yang digunakan untuk mengangkut sepeda motor.

Lebih jauh, ia menungkapkan, pengangkutan motor dengan truk dan kapal dalam program tahunan ini bertujuan meminimalisasi penggunaan sepeda motor sebagai transportasi mudik serta mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas. (fng)

Komentar

Nasional Lainnya