JPNews - Sejumlah warga Kampung Ciganas Rw 09, Desa Nagrak Utara, Kecamtan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kembali melakukan aksi bersih-bersih jalan diwilayahnya, Minggu (10/2).

Aksi tersebut selain dalam upaya membudidayakan gotong royong, juga merupakan program rutin mingguan yang diinisiasi Komunitas Pecinta Adventer Pangrango (Pecang) Sukabumi. 

Komunitas yang lebih condong berkiprah dalam aksi peduli lingkungan itu pun terus menggeber para pemuda dan pemudi khususnya warga sekitar akan kebersamaan melalui swadaya masyarakat. 

"Kerja Bakti perawatan jalan ini bukan pertama kalinya dilakukan. Akan tetapi, insyallah akan menjadi agenda rutin dalam menjalin kekompakan dan silaturahmi antar warga demi mewujudkan kampung sehat," ujar Koordinator Pecang Sukabumi,  Adinda Suryahadi alias Aa Dj kepada JPNews.id dilokasi kegiatan tepatnya di Jalan Ciganas, Nagrak Utara, Kabupaten Sukabumi, Minggu (10/2).

Kegiatan kali ini kata Aa Dj, disamping membersihkan tumpukan sampah dan rerumputan di jalan, juga sekaligus memperbaiki drainase jalan yang mulai tertimbun tanah. Pasalnya, jika dibiarkan jalan kabupaten yang merupakan penghubung antar Kecamatan Nagrak dengan Kecmatan Ciambar itu pun akan semakin rusak parah. 

"Ya, air akan tumpah ke jalan tetkala hujan. Bahkan, percis sungai seperti kejadian sebelumnya. Dan intinya, semoga kegiatan ini dapat direspon dan menjadi motivasi bagi warga lainnya untuk lebih peduli lingkungan," imbuh Aa Dj. 

Sementara itu, salah satu pemuda Ciganas, Indra Setiawan mengatakan, diakunya memang akses jalan kabupaten ini dikeluhan sejak lama. Sebab, belum ada perbikan juga hingga saat ini. "Insyallah, ini murni ingin menujukan kekompakan kami agar pemerintah segera mengabulkan impin selama ini," harapnya. 

Dalam aksi ini, respon warga lain pun mulai membaik lantaran jumlah peserta kerja bakti semakin meningkat. 

"Ya, meskipun belum semunya warga turun jalan. Semoga, akan semakin mengetuk hati warga lainnya dalam mewujudkan kepedulian terhadap alam," pungkasnya. (Lan)

Komentar

Jabar Lainnya