Ilustrasi

JPNews - Remaja penderita gizi buruk ditemukan dikawasan Kampung KB dengan kondisi sangat memprihatinkan, padahal rumahnya berada di lingkungan Kampung KB yang baru beberapa bulan lalu diresmikan Bupati Karawang Cellica Nurrachadianna.

"Remaja tersebut bernama Aufikar Fadillah usia 15 tahun, kondisi fisiknya saat ini melemah, pendengarannya terus berkurang, tangannya patah bekas bisul, kurus, dan sekarang sering melamun," ujar Yanti (44) salah satu kerabatnya kepada awak media, Minggu (28/1).

Yanti mengatakan, sejak kecil Fikar sudah didiagnosa mengidap gizi buruk. Pasca ditinggal oleh kedua orang tuanya, Fikar tinggal bersama neneknya di rumah yang berukuran hanya 5 x 7 meter.

"Ayah Fikar, Nana sudah almarhum dari tahun 2005, sedangkan ibunya Iroh (45) pergi meninggalkan Fikar, menurut kabarnya sudah menikah lagi dan kondisinya juga tidak mampu. Jadi terpaksa neneknya yang mengurus," imbuhnya.

Aufikar Fadillah tinggal bersama neneknya Lani (70) di Dusun Langseb I RT 003 RW 001, Desa Kertaharja, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Saat ini, lanjut Yanti belum ada yang peduli terkait penyakit Fikar, penanganannya pun masih biasa-biasa saja, kemarin habis berobat ke Rumah Sakit Proklamasi Rengasdengklok. Dan biaya pengobatan sendiri dibantu oleh Forum Pemuda Kertaraharja Peduli Yatim (FPKPY).

"Terkait bantuan dari Desa Kertaharja ga ada, dari wakil (kepala dusun) juga ga ada, menengok saja pun tidak ada. Selama ini dibiarkan saja, bahkan kadang pakai biaya sendiri. Fikar kurang perawatan, karena neneknya yang mengurus sudah tua," imbuhnya.

Hingga berita ini diturunkan, Kades Kertaraharja, Yahya, belum bisa memberikan keterangan apapun terkait warganya yang menderita gizi buruk. (tin)

Komentar

Jabar Lainnya