JPNews - SMAN 1 Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kembali menggelar kegiatan 'Career Day's dengan menghadirkan  sekitar 30 narasumber dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) Negri dan Swasta tertama di Indonesia.

Kegiatan tahunan yang mengambil tema

memperkenalkan dunia pendidikan dan dunia kerja bagi kaum milenial itu digelar selama dua hari di gedung sekolah tepatnya di Jalan Raya Parakansalak, Desa Lebksari, Kecamatan Parakansalak, Sukabumi.

Kepala Sekolah SMAN 1 Parakansalak, Septi Wirdayati melaui Koordinator Pelaksana Caree Day tahun 2019, Cece Najimudin mengatakan, career day atau hari karir ini digelar untuk memperkenalkan dunia kerja lewat narasumber pada siswa, agar siswa memperoleh informasi dan gambaran mengenai karir dilingkungannya, serta dapat mengidentifikasi bakat, minat juga potensi karir untuk dirinya kedepan.

"Career day ini merupakan salah satu program tahunan dan dijadikan moment yang begitu dinantikan khusunya bagi siswa kelas akhir. Sebab, siswa menjadi termotivasi dalam merencanakan dan mengembangkan karir dan pendidikannya," kata Cece yang juga sekaligus menjabat Guru Bimbingan Konseling SMAN 1 Parakansalak, kepada JP-News.id, Jumat (1/2).

Lanjut dia, tahun ini acara pun dapat dihadiri sekitar 30 narasumber dari PTN dan swasta, diantaranya Universitas Lampung (Unila), IPB, unpad dan dari Perguruan Tinggi Swasta Sukabumi, seperti Ummi dan lainnya. Tujuannya untuk merangsa minat siswa agar melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tingggi, sekaligus pengenalan kampus. 

"Kegiatan ini juga sekaligus memberi peluang bagi utusan PTN dan swasta masing-masing perkampus satu orang utusan. Dan alhmdulilah, respon anak yang mengikuti kegiatan tersebut sekitar 500 siswa," jelasnya. 

Masih kata Cece, yang juga menjabat sebagai Pengurus Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Sukabumi itu, dengan berlangsungnya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan angka minat anak untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi lebih dari angkat tahun sebelumnya yakni baru sekitar 50% anak melanjutkan.

"Ya, targetnya ada peningkatan jumlah siswa yang melanjutkan, baik mengikuti jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri (SBMPTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta lainnya," pungkasnya. (Lan)

Komentar

Edukasi Lainnya