TOP 0 Ekonomi

Foto: Sugeng JPNews

JPNews - Dua pasar rakyat tipe (D) di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bakal di bangun tahun ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019.

Kepala Bidang (Kabid) Pasar di Dinas Koperasi, UKM, Perindustian dan Perdagangan Lambar, Salafudin saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (30/1) mengatakan tahun ini hanya ada pembangunan pasar di dua tepat saja. Yakni, Pasar Rakyat Pagar Dewa, Kecamatan Sukau dan Pasar Rakyat Basungan Kecamatan Pagar Dewa.

Menurutnya, untuk pembangunan pasar hanya menyentuh pasar rakyat yang merupakan pasar dengan tipe D. Yakni pasar yang hanya beroperasi satu kali dalam sepekannya.

Dalan pembangunan pasar rakyat ini, lanjut Salafudin, menggunakan dana alokasi khusus (DAK) 2019 yang mencapai hampir Rp 2,9 milliar. Dimana, untuk Pasar Rakyat Pagar Dewa Rp1,430.998.000 dan Pasar Rakyat Basungan Rp1.443.668.200.

"Saat ini telah masuk tahap perencanaan. Dimana, pelaksanaannya diperkirakan setelah lebaran Idhul Fitri tahun ini," katanya.

Menurut Salafudin, pembangunan pasar rakyat ini diutamakan untuk pembangunan los pedagang dan penataan irigasi serta parkir pasar tersebut.

"Pembangunannya untuk los supaya pedagang dan pembeli nyaman. Selain itu drenase dan parkir," jelasnya.

Masih kata Salafudin, sebenarnya Lambar memiliki 40 pasar. Namun, dari jumlah tersebut terbagi menjadi 3 tipe. Yakni, tipe B untuk pasar yang beroprasi lebih dari 3 kaki sepekan. Serta, untuk tipe C beroprasi 2 kaki sepekan dan pasar rakyat yang masuk dalam tipe D beroprasi hanya sekali dalam seminggu.

"Seperti Pasar Liwa yang masuk tipe B selain itu Pasar Tuguratu, Pekon Pungkalan, Kecamatan Suoh dan Pasar Bandar Betung, Kelurahan Sekincau, Kecamatan Sekincau masuk tipe C. Selebihnya merupakan tipe D," paparnya.

(sug/jpn)

Komentar

Ekonomi Lainnya