ilustrasi (istimewa)

JPNews - Polda Jawa Timur (Jatim) mengungkapkan aliran uang pembayaran pelacuran daring yang melibatkan artis VA.

Sebelum diterima VA, dana mengalir terlebih dahulu setidaknya melalui empat germo, TN, W, F dan ES.

Yang mengejutkan, dari tarif Rp80 juta, germo TN menerima pembayaran Rp105 juta.

Dari nilai 105 juta, Rp80 juta untuk pembayaran pelacuran itu, sisanya Rp25 juta untuk AS.

"Untuk alurnya, TN menerima Rp105 juta dari Rp80 juta untuk pembayaran pelacuran. Dari transaksi itu, kemudian disalurkan TN ke germo berinisial W, germo W menyalurkan ke F dan disalurkan ke ES hingga akhirnya ES menyalurkannya ke artis VA," ungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan di Surabaya, Senin (28/1), dilansir dari laman Kantor Berita Antara.

Dia mengatakan transaksi itu terungkap setelah memeriksa data digital transaksi keuangan atau rekening koran milik dua germo berinisial ES dan F.

Pada pemeriksaan rekening koran itu terungkap bahwa germo berinisial TN menerima transfer sejumlah uang untuk pembayaran bisnis pelacuran daring.

Dari situ juga terungkap bahwa 30 persen sebelumnya dari total Rp105 juta yang peruntukannya adalah Rp80 juta pembayaran biaya prostitusi terhadap tersangka VA, sedangkan Rp25 juta diperuntukan AS.

"VA dapat Rp35 juta setelah dipotong Rp5 juta oleh ES dan masih kekurangan Rp10 juta oleh TN, karena waktu itu alasan tersangka limit rekeningnya," ucap Yusep.

Yusep menyatakan transaksi itu semuanya sudah dibagi oleh germo masing-masing.

Selain terus memeriksa germo-germo yang telah ditetapkan tersangka, penyidik Polda Jatim juga menjadwalkan memeriksa artis terduga terlibat pelacuran daring pada pekan ini.

"Sebenarnya salah satu yang dijadwalkan hari ini inisial R, tapi sampai sore tidak tampak," ucapnya.

Bisnis pelacuran artis terbongkar setelah penggerebekan VA di sebuah hotel di Surabaya, Sabtu, 5 Januari 2019.

Hingga saat ini polisi telah menetapkan lima orang tersangka dalam praktik haram tersebut yakni germo ES, TN, F, W, dan seorang artis FTV berinisial VA.

(mst/JPN)

Komentar

Netizen Lainnya