JPNews - Lomba lintas alam Nyucruk Galur Temah Wadi IX (Nyugatewa) tahun 2019
dengan merebutkan tropi Bergilir Bupati Sukabumi tingkat SMP sederajat, kembali digelar, Minggu (6/1).

Kegiatan kepramukaan yang digagas Ambalan Bojongkokosan-Tjut Nja Dien gudep 16155-16156 Pangkalan SMK EKA Prasetya Cicurug tepatnya di Jalan Siliwangi km 30 Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kali ini diikuti 20 regu pramuka dengan rute jalan lintas alam sepanjang 15 km.

"Tahun ini, agak sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Perlombaan kepramukaan ini dibuka untuk tingkat SMP sederajat se Kabupaten Sukabumi," ujar
Dewan Kehormatan Ambalan Bojongkokosan-Tjut Nia Dien, Wahyudin kepada JP-News.id, Minggu (6/1).

Adapun rute lomba lintas alam ini kata Wahyudin, yakni star awal dari Gedung SMK EKA Prasetya menuju Bojongpereng - Babakan sawah - Cisarua Ciambar - dan finish di Koramil Cicurug.

"Selain, memperebutkan juara umum bergilir Bupati Sukabumi, peserta juga adu kegigihan untuk Juara tetap 1 DPRD Kabupaten Sukabumi, Juara tetap 2 MABIGUS 16.155 - 16.156, Juara tetap 3 Ambalan Bojongkokosan - Tjut Nja dien," jelas Wahyudin.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK EKA Prasetya, Herinto Wibowo menambahkan, kegiatan Nyugatewa - IX ini merupakan agenda tahunan sekolah dibidang kepramukaan.

Tujuannya, meningkatkan dan memperkuat karakter ditingkat penggalang khususnya untuk menanamkan rasa nasionalisme, serta memahami pengorbanan situasi dan kondisi yang disesuikan perubahan zaman.

"Harapannya program ini bisa berkelanjutan dan berkesinambungan sehingga dapat berkontribusi terhadap salah satu program Pemda dalam rangka peningkatan APK melaui proses pendidikan dan karakter gerakan pramuka. Sementara untuk Juara Umum tahun ini dan meraih Tropi Bergilir Bupati Sukabumi diraih oleh SMPN 1 Cicurug," pungkasnya. (Lan)

Komentar

Edukasi Lainnya