Istimewa

JPNews  - Karang Taruna (KT) Kabupaten Pesawaran adakan Festival Budaya Remaja Betabuh Lama (rebana) di Desa Kedondong Kecamatan Kedondong.

Kegiatan ini di laksanakan dalam rangka menyambut Bulan Bhakti Karang Taruna Tingkat Nasional ke-57.

Hal ini di ungkapkan Irwan Rosa selaku Ketua Karang Taruna Pesawaran.

Dikatakan festival ini dilakukan dalam rangka menyambut kehadiran Presiden RI dan juga untuk melestarikan seni budaya Lampung Sai Batin, Rabu (26/12).

"Selain dari pada untuk menyambut kehadiran Presiden RI Jokowi pada bulan bhakti karang taruna yang akan di laksanakan di Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Pesawaran pada bulan januari  tanggal 13 - 15 yang akan datang, juga untuk melestarikan seni budaya lampung khususnya adat sai batin,” ungkapnya.

Masih kata Irwan, dalam pelaksanan bulan bhakti ini telah kita siapkan 24 sanggar seni betabuh lama (rebana) yang berada di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran.

"Insya Allah Bulan Bhakti Karang Taruna Tingkat Nasional ini nanti akan di meriahkan oleh 24 sanggar budaya betabuh lama binaan Karang Taruna Pesawaran,” jelasnya.

Dia melanjutkan, dalam kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna Tingkat Nasional ke-57 tersebut Karang Taruna Pesawaran akan mempersiapkan massa hingga seribu anggota untuk mengarak (menyambut) kehadiran Presiden RI.

"Kami telah menyiapkan hingga seribu anggota arak-arakan untuk menyambut kedatangan Pak Jokowi selaku Presiden,” ujarnya. 

Kepala Desa Kedondong ini juga menambahkan, bahwa terlaksananya kegiatan ini, juga ada campur tangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Peswaran.

"Kami melaksanakan kegiiatan ini juga bekerja sama dengan dinas pendidikan bidang kebudayaan,” pungkasnya.

Di waktu yang hampir bersamaan Rama Diansyah selaku Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Pesawaran, sangat mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan oleh ketua karang taruna setempat, dalam melestarikan seni adat Budaya Lampung.

"Saya sangat bangga atas kegiatan yang di lakukan oleh ketua karang taruna pesawaran untuk mengenalkan seni budaya betabuh lama adat Lampung sai batin hingga ke tingkat nasional dan bisa tampil di hadapan Bapak Presiden kita nanti,” ujarnya.

Dia juga berharap kegiatan ini jangan sampai  hanya menjadi ajang seremonial, tetapi jadikan kegiatan ini untuk langkah awal mengenalkan seni budaya betabuh lama yang merupakan salah satu peninggalan sejarah adat lampung Sai Batin.

"Semoga kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang seremonial saja, tapi jadikan kegiatan ini sebagai langkah awal untuk mengenalkan seni budaya lampung betabuh lama ini ke tingkat nasional atau bahkan ke tingkat internasional,” harapnya.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Majelis Pertimbangan Karang Taruna Provinsi Lampung Sonny Zainhard, Pembina Karang Taruna Desa Mada Jaya Sutrisna.

 (snd)

Komentar

Lampung Lainnya