TOP 0 Pemerintahan



JPNews - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menerima Penghargaan Desa terbaik Tingkat Nasional Berdasarkan Pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2018.

Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Pesawaran yang menjadi Desa terbaik berdasarkan pengukuran IDM, penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Bapak Eko Putro Sandjojo.

Pada acara yang diselenggarakan di The Sultan Hotel & Residence di Jakarta tersebut Kabupaten Pesawaran juga mendapatkan Penghargaan Desa Terbaik Kategori Sistem Padat Karya Tunai (PKT) Pengelolaan Dana Desa untuk Desa Mulyosari Kecamatan Way Ratai. 

Dendi mengatakan desa-desa perlu difasilitasi untuk dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki, sehingga akan terwujud kemandirian bagi desa tersebut.

"Desa-desa perlu difasilitasi untuk memprioritaskan Dana Desa untuk kegiatan pembangunan desa yang bersifat produktif dan berkelanjutan secara ekonomi," ungkapnya, Kamis (29/11).

Pengembangan Indeks Desa Membangun (IDM) sendiri dijadikan tolak ukur untuk memperkuat pencapaian sebagai peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat desa itu sendiri yang meliputi ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan. 

Sedangkan Padat Karya Tunai di Desa (PKTD) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.

 (snd)

Komentar

Pemerintahan Lainnya