TOP 0 Daerah

Foto: Istimewa

JPNews - Kabupaten Lampung Barat ditetapkan menjadi daerah penerapan replikasi inovasi daerah oleh Menteri Dalam Negeri.

Demikian ditandaskan Asisten Bidang Perekonomian Natadjudin Amran saat membuka Bimbingan Teknis Fasilitator Replikasi Model Layanan Pemerintah Lampung Barat Tahun 2018 yang digelar Badan Penelitian Dan Pengembangan (Balitbang) di Aula Pakuwon, Selasa (27/11). 

Dalam agenda yang menghadirkan narasumber Isman, AP dari Pusat Litbang Inovasi Daerah BPP Kemendagri itu, Natadjudin menyebut hal itu sebagai program prioritas nasional Kemendagri.

Dia juga berharap Isman menyerap informasi terkait inovasi Lambar.

"Kami memiliki keyakinan bahwa melalui kunjungan ini bapak akan berkenan melihat dan menyerap secara langsung berbagai informasi mengenai inovasi layanan pemerintahan di Kabupaten Lampung Barat," ucapnya.

Diketahui, Lampung Barat bersama Kabupaten Jeneponto ditunjuk oleh Badan Penelitian dan Pengembangan sebagai daerah percontohan penerapan replikasi inovasi daerah.

Penerapan replikasi ini dilaksanakan oleh Pusat Litbang Inovasi daerah melalui Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) yang meliputi tujug bidang layanan. 

Yaitu pendidikan, kesehatan, perizinan, ketenagakerjaan, perdagangan, adminduk, aspirasi melalui DPRD. 

Layanan ini dalam bentuk aplikasi yang nantinya bisa diakses oleh seluruh masyarakat menggunakan telepon genggam berbasis android , saat ini aplikasi yang akan digunakan masih dalam tahap penyempurnaan dan pengentrian data dan setelah selesai maka akan disosialisakan kepada seluruh masyarakat Lambar dan diharapkan dapat meningkatkan pelayan pemda kepada masyarakat.

Kemudian, perbaikan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu agenda prioritas Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, oleh karena itu berbagai upaya dilakukan untuk melakukan percepatan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sinergi dengan program Kemendagri yaitu replikasi inovasi daerah, sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan pemerintah kepada masyarakat berbasis teknologi.

Pihaknya  berharap, kegiatan ini dilaksanakan agar dapat memaksimalkan fungsi aparatur untuk menciptakan terobosan atau inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Ini dikarenakan fungsi dan tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah untuk menjalankan pelayanan publik. Oleh karena itu inovasi- inovasi diperlukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kabupaten Lampung Barat," ujar Natadjudin seperti dalam pesan elektronik yang dikirim Humas Lambar.

(dri/JPN)

Komentar

Daerah Lainnya