TOP 0 Bola



JPNews - Petang ini, Persib kembali melakoni laga usiran di stadion Batakan Kalimantan. Tim yang dihadapi termasuk tim yang cukup baik, Bali United. Tim yang terbilang 'baru' di kancah sepak bola nasional setelah masuknya taipan Indonesia mengakuisisi Persisam Samarinda. Kekuatan finansial ini lah yang kini membuat kekuatan tim Serdadu Tridatu cukup mumpuni sebagai klub baru.

Di paruh musim pertama, Persib memang berhasil mencuri poin dari Bali. Tapi ini didapatkan Persib dengan perlawanan yang sengit kala itu. Merujuk pada di hal di atas, rasa-rasanya Gomez harus cukup waspada. Apalagi, Persib tidak didukung Bobotoh di dalam stadion selama 90 menit, mengingat sanksi komdis masih berjalan. 

Hal ini perlu dilakukan agar Persib bisa kembali ke trek juara. Ini merupakan kesempatan emas untuk memperpendek jarak dengan pemuncak klasemen, PSM Makasar yang kemarin gagal menambah poin di Madura. Terlebih lagi, tim rival, Macan Kemayoran, kini memiliki poin sama dengan Persib dan terus meneror Persib di papan Klasemen. Sore ini, Macan Kemayoran pun bermain di kandangnya. 

Apabila hasil minus kembali diraih Maung Bandung, otomatis persaingan di papan klasemen akan semakin sulit. Beruntungnya saat ini, skuad Persib lebih baik dari beberapa laga terakhir. Meskipun, Jhonny Baumann harus kembali absen karena kartu merah yang diterimanya. 

Absennya Jhonny Baumann akan terobati dengan kembalinya Bojan di lini belakang. Kembalinya Libero asal Serbia itu akan kembali menguatkan pertahanan sekaligus bisa mengukuhkan Persib sebagai tim dengan pertahanan terbaik. Selain Baumann, hanya Ezzechiel Nduasell yang masih belum bisa bermain karena sanksi. 

Kekosongan posisi itu bisa diisi oleh Mukhlis Hadi atau kembali menempatkan Ghazali Siregar. Atau Gomez hanya menempatkan Wanggai sebagai striker tunggal. Di lini tengah, otomatis hanya Dedi 'Dado' Kusnandar yang absen karena cidera pada laga sebelumnya. Posisinya bisa digantikan Hariono atau Kim Jeffrey. 

Secara komposisi pemain, permainan Persib petang nanti pasti lebih baik dibanding laga-laga sebelumnya. Ini juga terlihat dari pertandingan terakhir ketika In Kyun, Baumann dan Wanggai bisa kembali bermain. Saat itu, Persib bisa merepotkan PSM sebagai tuan rumah. Namun sayang, Persib tidak berhasil memperpendek jarak. 

Kali ini mau tidak mau, Persib memang harus meraih poin penuh. Pertimbangan kekuatan tim yang bisa dibilang 80 persen utuh, cukup untuk menjadi alasan. Selain itu, hanya kemenangan yang bisa menjaga asa Persib di persaingan juara musim ini. Jika itu dapat dilakukan, maka berbagai upaya yang dilakukan pada pasukan Gomez akhir-akhir ini terbukti tidak menghambat mental juara Persib. Mental yang sudah terlihat sejak beberapa pertandingan awal Persib di awal musim.

Alasan lain adalah dukungan yang tetap terus mengalir dari Bobotoh, serta ikatan yang diciptakan para pemain Persib dengan Bobotoh. Ini terlihat dari antusiasme Bobotoh saat menyambut Persib pulang. Pun ketika Persib melakukan sesi latihan di Si Jalak Harupat. Untuk itu, terlalu banyak alasan untuk Persib bangkit. Hanya faktor-faktor non tekhnik lah yang kembali dapat menghalau Persib petang nanti. 

(Imam Maula Fikri)

Komentar

Bola Lainnya